Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Jenius Mudahkan Berkurban Secara Digital; Sediakan 19 Pilihan Kurban

Jenius Mudahkan Berkurban Secara Digital; Sediakan 19 Pilihan Kurban

Gaya hidup | Senin, 19 Juli 2021 | 17:03 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Jenius Mudahkan Berkurban Secara Digital; Sediakan 19 Pilihan Kurban

Jenius Mudahkan Berkurban Secara Digital; Sediakan 19 Pilihan Kurban

Solusi untuk pemerataan dan pendistribusian daging kurban yang tepat sasaran

Surabaya, Kabarindo- Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa menghadirkan kemudahan berkurban secara digital melalui smartphone.

Masyarakat digital savvy (melek digital) dapat memilih program kurban Idul Adha melalui menu Tagihan (Billers) di aplikasi Jenius.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, mengatakan Jenius terus berkokreasi dan berkolaborasi dalam menghadirkan solusi life finance yang relevan dengan kebutuhan masyarakat melek digital.

“Salah satunya dengan berkolaborasi bersama BAZNAS, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa yang membantu masyarakat berkurban dengan lebih mudah dan aman. Masyarakat bisa berkurban dengan tetap di rumah saja tanpa melakukan kontak fisik,” ujarnya.

Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, menambahkan kolaborasi dengan Jenius merupakan bentuk sinergi dalam upaya menyukseskan Kurban Online BAZNAS untuk memberi kemudahan berkurban kepada mudhohi. Terlebih ini merupakan tahun kedua hari raya Idul Adha berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Fitur pembayaran kurban di Jenius ini menjadi salah satu solusi terbaik dalam membantu masyarakat menunaikan kurbannya. Kurban Online BAZNAS merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam penerapan PPKM Darurat. BAZNAS mengelola layanan kurban dengan amanah, transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Rizaludin berharap, kolaborasi tersebut dapat menjadi solusi untuk pemerataan dan pendistribusian daging kurban yang tepat sasaran. Menurut ia, setiap tahun kepercayaan masyarakat selalu meningkat. Pada 2019, jumlah peserta kurban meningkat jadi 118% dan pada 2020 naik 66%.

Proses berkurban secara digital melalui aplikasi Jenius sangat mudah. Pengguna dapat log in di aplikasi Jenius, memilih fitur Send It, pilih Bills (Tagihan) – Zakat & Others (Zakat & Lainnya), lalu memilih lembaga kurban (BAZNAS, Rumah Zakat atau Dompet Dhuafa). Kemudian pengguna memilih jenis kurban, menentukan jumlah (kuantitas) kurban, memasukkan nama partisipan kurban dan pilih Lanjut, memeriksa halaman konfirmasi, lalu memilih Pay Now (Bayar), maka pengguna berhasil berkurban melalui aplikasi Jenius.

Setelah menyelesaikan pembayaran, pengguna akan mendapatkan bukti transaksi di In & Out serta notifikasi yang mengarahkan untuk melakukan konfirmasi donasi secara mandiri. Setelah pengguna mengirim konfirmasi ke lembaga terkait, pengguna akan mendapatkan laporan donasi yang berisi sertifikat kurban, informasi penyembelihan, nama penerima kurban dan foto dokumentasi.

Jenius bersama BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa menyediakan 19 pilihan kurban. Jenius juga menyediakan cara baru berkurban melalui pilihan kurban rendang atau kurban kornet. Jika pengguna memilih cara ini, kambing/sapi kurban akan diolah dan dikemas dalam bentuk rendang atau kornet kalengan dengan rincian yaitu seekor kambing diolah menjadi ± 30 kaleng kornet atau ± 25 kaleng rendang, 1/7 ekor sapi diolah menjadi ± 50 kaleng kornet atau ± 35 kaleng rendang dan seekor sapi diolah menjadi ± 350 kaleng kornet atau ± 235 kaleng rendang.

Selain kurban rendang dan kurban kornet, Jenius juga menyediakan beragam pilihan kurban lainnya. Mulai dari kurban kambing Raudhah, kambing Al Kautsar, kambing Firdaus, kurban sapi (1/7 ekor atau satu ekor) dan kurban domba untuk muslim di Palestina, sampai kurban kambing atau sapi untuk desa terpencil yang minim penyembelihan hewan kurban.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER