Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Jangan Sembarangan Konsumsi Buah-Buahan Yang Bisa Menaikkan dan Menurunkan Kadar Gula Secara Drastis

Jangan Sembarangan Konsumsi Buah-Buahan Yang Bisa Menaikkan dan Menurunkan Kadar Gula Secara Drastis

Gaya hidup | Minggu, 30 Januari 2022 | 18:19 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
 Jangan Sembarangan Konsumsi Buah-Buahan Yang Bisa Menaikkan dan Menurunkan Kadar Gula Secara Drastis

KABARINDO, JAKARTA- Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Penderita diabetes tetap bisa memiliki kondisi yang baik bisa menjaga kadar gula darah tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Penelitian menemukan bahwa makanan dan minuman tertentu bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah atau sedikit menaikkannya. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak memproduksi insulin, tapi pada diabetes tipe 2, sel-sel di tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Artinya, jumlah insulin yang lebih besar dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Pharma and Bio Sciences melihat kepada efek sebuah apel sehari, pada orang-orang yang berusaha menjaga kadar gulanya turun.
Studi tersebut menginvestigasi efek dari buah tersebut pada gula darah puasa (kadar setelah puasa semalaman) dan kadar lipid (lemak darah) pada pasien diabetes tipe 2. Hanya di bawah 100 orang dengan diabetes dibagi ke dalam dua kelompok, satu yang makan satu apel setiap hari dan kelompok lainnya tidak makan. Kadar gula darah dan lipid diukur di awal, dan setelah empat minggu melakukan diet itu.

Setelah empat minggu makan apel setiap hari, para peneliti mencatat adanya penurunan yang sangat signifikan dalam kadar gula darah puasa. Ini sama pada orang-orang dalam kelompok tersebut dari semua umur dan gender. Tidak hanya kadar gula darah lebih rendah, kadar kolesterol jahat dan lemak juga menurun. "Studi baru ini menunjukkan bahwa satu apel ukuran medium dalam diet pasien diabetes tipe 2 mengurangi parameter kadar gula darah puasa dan lipid yang bermanfaat untuk kesehatan normal pasien diabetes bersama dengan obat diabetes," demikian kesimpulan para peneliti dikutip laman The Sun.

Baik untuk mengetahui bagaimana menurunkan kadar gula darah ketika sangat tinggi, tapi juga penting mengetahui apa yang harus dilakukan ketika kadar gula darah terlalu rendah. Sepotong buah seperti setengah pisang, setengah cangkir jus buah, beberapa permen seperti jelly atau satu gelas kecil susu bisa membantu. Jika Anda kesulitan mengatur kadar gula darah, berkonsultasilah dengan dokter dan mereka bisa membantu Anda.

Sumber: Viva.co.id

Foto:  Pixabay/Romanov


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER