Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Ini Jenis Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ini Jenis Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Gaya hidup | Rabu, 29 Desember 2021 | 06:31 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ini Jenis Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

KABARINDO, JAKARTA  -  Sayur-sayuran merupakan makanan sehat kaya serat yang banyak mengandung antioksidan dan rendah kalori. Selain dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan, beberapa jenis sayur mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Berikut beberapa jenis sayuran untuk membantu menurunkan kolesterol dan rekomendasi makanan yang tepat untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Kandungan kalium, magnesium, antioksidan, sampai serat dalam sayur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami. Meskipun setiap sayuran biasanya mengandung beberapa nutrisi penting ini, tapi ada beberapa jenis sumber serat alami ini yang memiliki kandungan zat gizi lebih tinggi dibandingkan lainnya. Melansir beberapa sumber, berikut beberapa sayur-sayuran yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi:

Kentang

Kentang banyak mengandung kalium yang menyehatkan jantung dan pembuluh darah, sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Okra

Melansir GoodHousekeeping, okra adalah sayuran yang banyak mengandung serat larut dan antioksidan polifenol. Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol, sayur ini juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

Kale

Kale mengandung kalium, magnesium, antioksidan, dan serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Tomat

Sayur yang banyak mengandung vitamin A, C, kalium, dan antioksidan likopen ini terbukti ampuh menurunkan kolesterol tinggi.

Bayam

Melansir Eatthis, bayam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat. Senyawa ini bisa melebarkan pembuluh darah dan mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah.

Terong

Studi menunjukkan, terong dapat menurunkan kolesterol tinggi dengan cara mengatasi stres oksidatif. Seperti diketahui, stres bisa jadi penyebab kolesterol tinggi karena memicu peradangan kronis dan merangsang pembentukan plak di pembuluh darah.

Tak hanya makan sayur-sayuran, penderita kolesterol tinggi juga disarankan untuk menjalankan pola makan bergizi lengkap dan seimbang agar nutrisinya tercukupi.

 Melansir Heart Foundation, berikut beberapa makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi: Oat meal, roti gandum, nasi merah,l beragam jenis sayur dan buah, makanan kaya lemak sehat seperti alpukat, ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, pilih jenis kacang yang tidak digoreng, tidak dipanggang, dan tidak diberi tambahan garam berlebiha, produk kedelai seperti edamame, tahu, tempe, susu kedelai, pilih jenis produk kedelai yang tidak digoreng dan minim atau tanpa tambahan gula

 Selain mengonsumsi sayur untuk menurunkan kolesterol tinggi di atas, konsumsi beberapa rekomendasi makanan tersebut agar gizi tercukupi. Tak hanya itu, hindari segala jenis gorengan, makanan tinggi lemak jenuh seperti kue kering, roti, keju, susu full cream, mentega, jerohan, dan pantangan lainnya.  (Shutterstock/Chinnapong)

 

 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER