Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > IBP Unhas Tingkatkan Kualitas Alumni

IBP Unhas Tingkatkan Kualitas Alumni

Iptek
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
 IBP Unhas Tingkatkan Kualitas Alumni

KABARINDO, MAKASSAR - Pengurus Institut Bisnis dan Profesi (IBP) IKA Universitas Hasanudin (Unhas) melaksanakan rapat perdana untuk menguatkan program sekaligus menjalin ajang perkenalan para calon pelatih.


Rapat yang berlangsung akrab penuh kekeluargaan ini diikuti 25 calon pelatih, dipimpin langsung oleh Kepala sekolah IBP Unhas, Muhammad Ramli Rahim (MRR) bersama Sekretaris Jenderal PP IKA Unhas, Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si.,I.P. 


IBK Unhas terbentuk sebagai upaya IKA Unhas untuk meningkatkan kualitas alumni untuk berkiprah di bidang bisnis dan profesi.


Sejumlah alumni telah mengirimkan tema, topik dan mendeskripkan keterampilan untuk dibagikan kepada peserta.


‘Sertifikat yang akan kami keluarkan bukan asal-asalan karena  pelatihnya memang para ahli di bidangnya,’’ kata  M. Ramli Rahim, di AAS Building, Senin (24/5/2022) kemarin.


Kepla sekolah yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Sumber Daya Alumni dan Inovasi PP IKA Unhas mengingatkan supaya pelatih memberi judul yang menarik pada materinya. 

‘’Peserta akan melihat dan tertarik terhadap materi karena judul di samping bagaimana cara membawakan dan siapa orangnya,’’ terang M. Ramli.


Sebab itu, akan dilakukan pelatihan untuk pelatih atau TOC –traning of coach—pada 28 Mei di Gedung Pertemuan Alumni (GPA) Unhas.


‘’Pelatihan bagi pelatih ini tanpa pelatih. Penyelenggara hanya memberi waktu 5 menit untuk membahas apa yang akan dilatihkan ke peserta,’’ jelas M. Ramli lagi.


Dalam dialog dengan calon pelatih terungkap bahwa hal-hal yang berkaitan dengan milenial atau generasi setelahnya harus mendapat perhatian.


Perkembangan teknologi, digitalisasi, ekonomi kreatif dan UMKM menjadi materi-materi yang akan dilatihkan, di samping komunikasi, pertanian, keuangan dan konsultan.


‘’Sangat memungkinkan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mengacu pada sistem sertifikasi yang dikeluarkan oleh  Badan Nasional Sertifikasi Profesi –BNSP,’’ kata Dr. Ir. Suardi Bakri


‘’Di antara para calon pelatih banyak yang berstatus asesor BNSP,’’ M. Ramli menambahkan.

Tim sekretariat PP IKA Unhas, Salahuddin Alam dan Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Ikut mendampingi pertemuan yang berlangsung hingga maghrib ini.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER