Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > IBM z16, AI Real-time untuk Pemrosesan Transaksi dalam Skala Besar

IBM z16, AI Real-time untuk Pemrosesan Transaksi dalam Skala Besar

Iptek | Senin, 2 Mei 2022 | 20:43 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
IBM z16, AI Real-time untuk Pemrosesan Transaksi dalam Skala Besar

IBM z16, AI Real-time untuk Pemrosesan Transaksi dalam Skala Besar

Sistem Quantum-Safe pertama di industri

Surabaya, Kabarindo- IBM telah meluncurkan IBM z16, sistem generasi terbaru dengan akselerator AI on-chip terintegrasi, yang menghadirkan inferensi yang dioptimalkan untuk latensi yang dirancang guna memungkinkan pelanggan menganalisis transaksi real-time dalam skala besar, untuk beban kerja seperti kartu kredit, perawatan kesehatan dan transaksi keuangan.

IBM z16 juga dirancang khusus untuk membantu melindungi dari ancaman di masa depan yang mungkin digunakan untuk meng-crack teknologi enkripsi saat ini.

Inovasi IBM, termasuk IBM z16, telah menjadi tulang punggung teknologi ekonomi global selama beberapa dekade. Mainframe IBM modern saat ini merupakan pusat lingkungan hybrid cloud, yang diapresiasi oleh dua pertiga perusahaan Fortune 100, 45 dari 50 bank teratas dunia, 8 dari 10 perusahaan asuransi teratas, 7 dari 10 peritel global teratas dan 8 dari 10 perusahaan telekomunikasi teratas sebagai platform yang aman untuk menjalankan beban kerja paling kritis misi mereka.

“IBM adalah standar yang tinggi untuk pemrosesan transaksi yang aman. Sekarang dengan inovasi IBM z16, klien kami dapat meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan dengan melakukan inferensi tepat di mana data kritis misi mereka berada. Hal ini membuka peluang luar biasa untuk menciptakan terobosan di masing-masing industrinya, sehingga mereka akan diposisikan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan hasil bisnis yang lebih kuat,” kata Ric Lewis, SVP IBM Systems.

Insititusi keuangan di seluruh dunia mengalami kesulitan menghadapi dampak aktivitas penipuan terhadap pendapatan dan interaksi konsumen mereka. Menurut sebuah studi baru dari IBM dan Morning Consult “2022 IBM Global Financial Fraud Impact Report”, penipuan kartu kredit adalah jenis penipuan paling umum yang dialami konsumen peserta survei dari 7 negara. Selanjutnya, responden yakin bahwa bank dan jaringan pembayaran adalah pihak yang paling bertanggung jawab untuk mencegah penipuan. Tetapi menjalankan model deep-learning dalam skala besar secara real-time tidak dimungkinkan karena masalah latensi, yang berarti model deteksi penipuan hanya dijalankan pada kurang dari 10% transaksi volume tinggi, sehingga sejumlah besar penipuan tidak terdeteksi.

IBM z16 menyatukan inferensi AI melalui prosesor IBM Telum dengan pemrosesan transaksi volume tinggi yang aman dan andal, yang merupakan keunggulan IBM. Untuk pertama kalinya, bank dapat menganalisis penipuan selama transaksi dalam skala besar. IBM z16 dapat memproses 300 miliar permintaan inferensi per hari hanya dengan latensi satu milidetik. Bagi konsumen, ini berarti waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menangani transaksi penipuan pada kartu kredit dapat berkurang. Bagi merchant dan penerbit kartu, ini berarti bahwa hilangnya pendapatan bisa menurun, karena konsumen dapat menghindari masalah yang terkait dengan penolakan palsu di mana mereka mungkin beralih ke kartu lain untuk transaksi pada masa mendatang.

Ancaman lain termasuk penipuan pajak dan pencurian ritel terorganisir muncul sebagai tantangan yang harus dikendalikan bagi pemerintah dan bisnis. Pembayaran real-time dan metode pembayaran alternatif seperti cryptocurrency menembus batasan pada teknik deteksi penipuan tradisional. Menerapkan kemampuan baru IBM z16 ke industri lain dapat menciptakan kelas kasus penggunaan yang benar-benar baru, termasuk:

  • Persetujuan pinjaman: membantu mempercepat persetujuan pinjaman bisnis atau konsumen
  • Kliring dan penyelesaian:membantu menentukan perdagangan dan/atau transaksi mana yang mungkin memiliki eksposur berisiko tinggi sebelum penyelesaian
  • Pembelajaran gabungan untuk ritel: dirancang untuk memodelkan risiko yang lebih baik terhadap penipuan dan pencurian.

Dalam lingkungan hybrid cloud yang mencakup sumber daya cloud on-premise dan publik, penting untuk melindungi dari ancaman saat ini dan bersiap untuk melawan penjahat siber yang mungkin mencuri data sekarang untuk didekripsi di lain waktu. Dibangun di atas teknologi IBM seperti Pervasive Encryption dan Confidential Computing, IBM z16 menciptakan lompatan ketahanan siber lebih jauh dengan melindungi data dari ancaman masa depan yang dapat berkembang dengan kemajuan dalam komputasi quantum.

Sebagai sistem quantum-safe pertama di industri, IBM z16 didukung oleh kriptografi berbasis kisi, sebuah pendekatan untuk membangun primitif keamanan besertifikasi NIST yang membantu melindungi data dan sistem dari ancaman saat ini dan di masa depan. Dengan kriptografi quantum-safe IBM z16, bisnis dapat menyiapkan aplikasi dan data mereka di masa depan saat ini juga.

IBM z16 adalah satu-satunya platform dengan proses boot aman quantum-safe yang berarti aktor jahat tidak dapat menyuntikkan malware ke dalam proses boot untuk mengambil alih sistem selama startup. Dengan boot aman, klien IBM z16, dapat memperkuat kesiapan ketahanan siber mereka dan mempertahankan kendali atas sistem mereka. IBM z16 dengan modul keamanan perangkat keras Crypto Express 8S (CEX8S) juga akan menawarkan teknologi kriptografi klasik dan quantum-safe kepada klien untuk membantu menangani kasus penggunaan mereka yang memerlukan kerahasiaan, integritas dan non-penyangkalan informasi. Boot dan kriptografi aman quantum-safe IBM z16 dapat membantu klien mengatasi ancaman terkait komputasi quantum di masa depan termasuk serangan panen sekarang dekripsi nanti, yang mengarah pada pemerasan, hilangnya kekayaan intelektual dan pengungkapan data sensitif lainnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER