Fawwaz Wakili Jatim Siap Berlaga di TOP 70 LIDA 2021; Ingin Harumkan Nama Madura

Fawwaz Wakili Jatim Siap Berlaga di TOP 70 LIDA 2021; Ingin Harumkan Nama Madura

Fawwaz Wakili Jatim Siap Berlaga di TOP 70 LIDA 2021; Ingin Harumkan Nama Madura

Punya ruang khusus untuk berlatih, didukung DPR dan 4 pemkab di Madura

Surabaya, Kabarindo- Menjadi penyanyi dangdut terkenal merupakan cita-cita Fawwaz, 20 tahun, asal Bangkalan, Jatim. Untuk itu, ia mengikuti audisi Liga Dangdut (LIDA) 2021 secara online. Ia berhasil masuk TOP 70 dan siap bersaing dengan para peserta dari daerah-daerah lain.

“Saya terharu dan merinding bisa lolos menuju TOP 70. Nggak menyangka. Ini mungkin berkat bekal saya menjadi qori dan ikut gambus di pesantren,” ungkapnya.

Fawwaz mengikuti audisi online ketika di Jakarta yang dirasanya berat, karena lokasinya ramai. Waktu itu ia bekerja di bengkel saudaranya sebagai modifikator mobil. Ia harus mencari tempat yang sepi untuk merekam. Untungnya ia bisa numpang di tempat kos teman.

“Kalau bisa, saya pilih audisi langsung aja di depan juri,” ujarnya. Ia membawakan 3 lagu yaitu Cinta Hitam, Gadis Malaysia dan Pasrah.

Fawwaz menuturkan, ia belajar menyanyi secara otodidak sejak kelas 2 SMP saat di pesantren. Ia juga menekuni musik gambus dan senang bermain TikTok.

Fawwaz pernah mengikuti ajang LIDA 2020 dan mendapat golden ticket, namun belum berhasil menjadi juara. Pada tahun ini ia mampu melaju ke TOP 70. Ia mengaku telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ia senang, banyak yang memberikan dukungan.

Keluarga besar bahkan DPRD dan pemda di Madura ikut mendukung mulai dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Kebetulan pamannya anggota DPRD di salah satu kabupaten, sehingga mengajak anggota legislatif lainnya untuk mendukung memberikan dukungan.

“Keluarga membuatkan saya ruang khusus untuk berlatih menyanyi dan mengasah vokal,” ujar Fawwaz dengan logat Madura yang kental.

Pedangdut idola Fawwas adalah Irwan DA, kakak sepupunya sendiri yang telah merintis karir di Jakarta. Menurut Fawwas, Irwan terus memberikan dukungan agar ia bisa menjadi juara.

“Dia selalu memberi semangat saya, memotivasi untuk terus maju, tekun berlatih supaya bisa jadi juara yang membanggakan dan mengharumkan nama Jatim, khususnya Madura,” tutur Fawwas yang kini belajar main gitar dan kendang untuk menambah ketrampilannya.

Indosiar menayangkan audisi LIDA 2021 sejak 6 Maret dengan mengundang para peserta yang lolos ke Jakarta untuk mengikuti seleksi tahap akhir hingga terpilih 70 duta propinsi. Mereka akan berkompetisi untuk memperebutkan gelar Juara LIDA 2021 dengan hadiah total Rp. 1 miliar.

Penulis: Natalia Trijaji