Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Erupsi Gunung Semeru : Ketika Mengugsi, Simak Barang Penting yang Perlu dibawa

Erupsi Gunung Semeru : Ketika Mengugsi, Simak Barang Penting yang Perlu dibawa

Berita Utama | Minggu, 5 Desember 2021 | 11:59 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Erupsi Gunung Semeru :  Ketika Mengugsi,  Simak Barang Penting  yang Perlu dibawa

KABARINDO, LUMAJANG- Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu 4 Desember 2021 kemrain terjadi sekira pukul 15.00 WIB. Gunung berapi dengan ketinggian 3.676 MDPL yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini, menyemburkan awan panas serta hujan abu vulkanis.

Letusan Gunung Semeru pun membuat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang menjadi gelap gulita. Padahal ketika itu jam masih menunjukkan pukul 16.00 WIB.

Akibat letusan tersebut, warga di sekitar Gunung Semeru panik berlarian. Mereka berusaha menyelamatkan diri dan keluarga. Warga langsung mengungsi ke tempat yang aman dengan membawa kendaraan atau harta benda lainnya yang masih bisa dibawa.

Di sisi lain, bagi warga yang mengungsi, ada barang-barang yang wajib dibawa demi keselamatan diri. Nah, apa saja yang harus dibawa di dalam tas darurat untuk siaga bencana tersebut?

Disitat dari laman Readygoverment, pertama membawa tas darurat yang berisi sejumlah perlengkapan utama dan penting.  Kemudian isi tas darurat tersebut dengan bekal air. Idealnya bawa 3 liter air per orang untuk pasokan air bersih selama tiga hari yang digunakan untuk minum serta keperluan sanitasi.

Setelah itu, isi tas dengan stok makanan kering atau makanan yang tidak mudah rusak. Pastikan stok makanan cukup untuk setidaknya selama tiga hari.

Makanan dan minuman sudah masuk tas, kemudian jangan lupa untuk membawa senter, powerbank, baterai, radio, perlengkapan obat pertolongan pertama (first aid kit), obat-obatan pribadi, peluit sebagai sinyal untuk meminta pertolongan, masker pelindung antidebu, lem isolasi, terpal plastik.

Ada juga barang-barang penting lainnya seperti pembalut, popok bayi, handuk, sabun, pisau atau gunting, peta, serta ponsel dengan charger beserta baterai cadangan.

Kemudian jika tas masih cukup menampung, bisa juga membawa barang-barang tambahan seperti susu anak dan krim antiruam (jika masih mempunyai bayi atau balita), makanan hewan dan air ekstra khusus untuk hewan peliharaan, tisu basah, botol susu, uang tunai secukupnya. Bisa juga dibawa dokumen penting seperti surat rumah, surat tanah, ijazah, asuransi, tabungan yang sudah disimpan secara elektronik maka yang asli dan salinannya bisa ditaruh di kontainer portable yang tahan air.

Jika memungkinkan, bisa membawa selimut atau sleeping bag untuk masing-masing anggota keluarga. Ini sangat berguna ketika berada di tempat pengungsian musibah bencana alam.  (Foto: Instagram)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER