Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Didampingi Anies Baswedan, Wapres KH. Ma’ruf Amin Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila

Didampingi Anies Baswedan, Wapres KH. Ma’ruf Amin Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila

Berita Utama | Jumat, 7 Januari 2022 | 09:55 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Didampingi Anies Baswedan, Wapres KH. Ma’ruf Amin Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila

KABARINDO, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin meresmikan enam rumah ibadah di lingkungan kampus Universitas Pancasila, Jakarta, Rabu (5/1/2022) lalu.

Ma'ruf berharap, keberadaan enam rumah ibadah tersebut tidak hanya menjadi simbol toleransi, tetapi juga memudahkan kerja sama lintas agama dan menjadi perekat persatuan bangsa.

"Pembangunan rumah ibadah agama-agama yang dibangun berdekatan saya harapkan tidak hanya menjadi simbol toleransi dan cerminan sikap saling menghargai," kata Ma'ruf dalam acara peresmian yang ditayangkan akun YouTube Universitas Pancasila,.

"Namun lebih dari itu, juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa," ujar dia. Enam rumah ibadah yang diresmikan yakni Masjid At-Taqwa, Gereja Katolik Santo Petrus, Gereja Protestan Graha Layanan Kristen, Pura Widya Santika, Vihara Dhamma Sasana, dan Kelenteng Kebajikan Agung.

Ma'ruf menyebutkan, pembangunan enam rumah ibadah itu menjadikan Universitas Pancasila sebagai universitas swasta pertama di Indonesia yang memiliki enam rumah ibadah di lingkungan kampus. Dalam sambutannya, Ma'ruf menyebut pembangunan enam rumah ibadah di kampus Universitas Pancasila mengingatkannya dengan Terowongan Silaturahmi. Terowongan tersebut menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta yang menjadi inspirasi akan terbangunnya kerukunan antar-umat beragama.

Menurut Ma'ruf, terowongan tersebut merupakan cermin kerukunan umat beragama antara satu agama dengan yang lain.

"Jadi, kalau hari itu saya melihat adanya kebersamaan melalui terowongan dan sekarang oleh Universitas Pancasila dibuktikan dengan sekaligus membangun enam rumah ibadah," ujar Ma'ruf.

Ia pun berharap, enam rumah ibadah itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencetak generasi muda yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, iman dan takwa, serta akhlah yang mulia.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang turut menghadiri peresmian tersebut mengungkapkan ini  sebagai wujud toleransi umat beragama.

"Kita bangga dan bersyukur di lingkungan Kampus Universitas Pancasila, di kota Jakarta telah tersedia sarana ibadah Masjid At Taqwa, Gereja Katolik Santo Petrus, Gereja Protestan Grha Layanan Kristen, Pura Widya Santika, Vihara Dhamma Sasana, dan Klenteng Kabajikan Agung yang berdampingan," kata Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Kamis (6/1/2022).

Hal itu, sambungnya, merupakan wujud toleransi umat beragama dan bentuk komitmen segenap Pimpinan Universitas Pancasila yang patut diapresiasi, tidak mudah mewujudkan penyediaan sarana ibadah seperti yang dilakukan Universitas Pancasila.

“Indeks kerukunan keberagamaan dibentuk dari tiga indikator besar, yaitu toleransi, kesetaraan, dan kerjasama," ujarnya.

Anies menambahkan peningkatan kerukunan umat beragama, orientasinya tidak hanya pada aspek toleransi semata, karena sikap toleransi itu baru merupakan syarat awal. Agar kerukunan umat beragama tumbuh semakin kuat, maka toleransi harus disertai dengan adanya sikap kesetaraan dan keadilan.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER