Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > dFI Rayakan Usia Satu Dekade, Setia Kawal Perfilman Nasional

dFI Rayakan Usia Satu Dekade, Setia Kawal Perfilman Nasional

Hiburan | Selasa, 12 Desember 2023 | 23:27 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
dFI Rayakan Usia Satu Dekade, Setia Kawal Perfilman Nasional

dFI Rayakan Usia Satu Dekade, Setia Kawal Perfilman Nasional

Dihadiri duo legenda perfilman nasional

Surabaya, Kabarindo- dFI atau demi Film Indonesia merayakan HUT ke-10 yang berarti komunitas perfilman nasional ini telah satu dekade setia mengawal perfilman nasional.

Rilis yang diterima pada Selasa (12/12/2023) menyebutkan, acara tersebut berlangsung di Pasar Malam Tankiwood PFN Otista, Jakarta Timur, baru-baru ini, yang dihadiri oleh jaringan dFI dan berbagai insan perfilman Indonesia, di antaranya duo legenda hidup, Niniek L Karim dan Yatie Surahman. Mereka mengapresiasi dan bangga dFI telah mengawal perfilman nasional selama ini.

Adisurya Abdi, produser dan sutradara, mengatakan dFI berawal dari WAG dan kini beranggota 350 orang yang bergotong royong melakukan promosi serta memberikan info film-film baru, usulan judul, proses syuting hingga tanggal tayang yang didahului gala premier.

Ia menuturkan, dFI mampu menarik banyak simpati dari kalangan sineas seperti Garin Nugroho, Rudi Aryanto, Rudy Soedjarwo, Hadrah Daeng Ratu, Awi Suryadi, Rizal Mantovani, Emil Heradi, Indra Gunawan, Joko Anwar, Lukman Sardi, Riri Riza dan Hanung Bramantyo. Ada produser, publisis, wartawan senior film, budayawan, pengamat dan kritikus sampai badan pemerintah dari Dit. PMM KemendikbudRistek, Dit. Musik, Film dan Animasi, Kemenparekraf, Kominfo, LSF. Juga penulis kondang A.Fuadi, Asma Nadia, Jujur Prananto serta Adhie Marzuki yang mengagas dFI menjadi yayasan pada tahun ke-5.

Yan Widjaja, Ketua Umum Yayasan dFI dan salah satu stakeholder Badan Perfilman Indonesia (BPI), menuturkan ia nonton hampir tiap hari 3-4 judul film nasional pada show pukul 12.30, 19.00 terkadang pukul 21.00.

Yan selalu berdiskusi via WA hingga memberikan info kepada dFI termasuk jumlah penonton film hari pertama, yang tayang rutin tiap Jumat di kanal Youtube DemiFilm TV. dFI juga memiliki website www.demifilm.co dengan tagline Beranda Aktual Film Indonesia serta medsos IG & TikTok @DemiFilm.

Menurut Acho Irham Bahtiar, DFI adalah komunitas perfilman yang paling efektif dan berhasil membangun banyak hal. Ia mengapresiasi Menko PMK, Muhadjir, yang telah membantu tanggal tayang film horor Lantai 4 beberapa waktu lalu, juga film-film-nya yang bakal tayang pada 2024 seperti Coto Vs Konro, Lintrik, Satu Tungku Tiga Batu dan lainnya.

Sedangkan Dirut PFN, Dwi H, mengatakan siap berkolaborasi bersama para sineas yang hadir dan dFI yang siap menyukseskan proyek film layar lebarnya berjudul Pejuang Subuh pada 2024.

Dalam rangka HUT dFI ke-10, biasanya di bioskop dibagikan kaos serta diadakan nonton bareng trailer film-film baru. Selain itu, dFI mengundang siswa SMK dan SMA dalam bincang-bincang Filmmaker Goes To School yang difasilitasi Dit.PMM Kemendikbud di Makassar, Pangkal Pinang, Samarinda, Surabaya dan terakhir di Batam baru-baru ini.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER