Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > California Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,4

California Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,4

Internasional | Rabu, 21 Desember 2022 | 09:06 WIB
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
California Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,4

KABARINDO, RIO DELL - Gempa bumi berkekuatan (M) 6,4 mengguncang pantai utara California, Amerika Serikat (AS) pada Selasa, (20/12/2022) dini hari. Gempa menyebabkan setidaknya dua orang luka-luka, merusak jalan, jembatan dan saluran listrik, dan meninggalkan puluhan ribu rumah dan bisnis tanpa listrik.

Getaran, yang terjadi pada pukul 02.30 waktu setempat dan diikuti oleh lebih dari tiga lusin gempa susulan, berpusat 215 mil (350 km) di utara San Francisco lepas pantai Humboldt County, sebuah daerah pedesaan yang terkenal dengan hutan kayu merahnya, makanan laut lokal, industri kayu dan peternakan sapi perah.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 4 Guncang Malang
Wilayah ini juga dikenal dengan aktivitas seismik yang relatif sering, meskipun gempa terbaru tampaknya menyebabkan lebih banyak gangguan daripada yang lain dalam beberapa tahun terakhir.

Gempa pada Selasa memicu satu kebakaran bangunan, yang dengan cepat dipadamkan, dan menyebabkan dua bangunan lainnya runtuh, menurut Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire) sebagaimana dilansir Reuters.

Departemen tersebut mengatakan petugasnya menerjunkan 70 panggilan darurat setelah gempa, termasuk satu laporan tentang seseorang yang terjebak yang perlu diselamatkan, kata juru bicara Tran Beyea.

Kantor sheriff kabupaten melaporkan dua orang terluka di dekat pusat gempa, di mana kerusakan rumah dan jalan meluas. Salah satu korban adalah seorang anak dengan cedera kepala dan yang lainnya adalah orang tua dengan patah pinggul, menurut laporan media lokal yang mengutip kantor sheriff.

Tidak ada laporan resmi segera tentang korban jiwa.

"Gempanya sangat kuat," kata Daniel Holsapple, 33, seorang penduduk Arcata di dekatnya, yang menceritakan bahwa dia memegang kucing peliharaannya dan berlari keluar setelah dia terbangun dalam kegelapan karena gerakan rumah dan peringatan darurat dari ponselnya. .

"Tidak ada yang melihat apa yang sedang terjadi. Itu hanya sensasi dan suara gemuruh rendah dari fondasi seluruh rumah yang bergetar," katanya.

Sementara gempa bumi yang menghasilkan goncangan yang nyata adalah hal biasa di California, gempa berkekuatan M 6,4 kurang umum dan berpotensi berbahaya, mampu menyebabkan kerusakan besar pada bangunan, seperti keruntuhan sebagian atau pergeseran struktur dari fondasinya.

Guncangan lemah dari gempa hari Selasa, yang terjadi pada kedalaman relatif dangkal 11,1 mil (17,9 km) dirasakan hingga San Francisco, Survei Geologi AS melaporkan.

Sekitar lima gempa dengan magnitudo mulai dari 6,0 hingga 7,0 tercatat setiap tahun di California dan Nevada, menurut data terbaru yang dikutip oleh Los Angeles Times. Foto: Reuters


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER