Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Bank Commonwealth; Proyeksikan Investasi Reksa Dana April 2018

Bank Commonwealth; Proyeksikan Investasi Reksa Dana April 2018

Hiburan | Minggu, 15 April 2018 | 16:24 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Bank Commonwealth; Proyeksikan Investasi Reksa Dana April 2018

Bank Commonwealth; Proyeksikan Investasi Reksa Dana April 2018

Pertimbangkan data domestik yang positif dan potensi ekonomi Indonesia yang tumbuh lebih baik

Surabaya, Kabarindo- Bank Commonwealth menilai prospek investasi pada kelas aset ekuitas merupakan pilihan yang obyektif untuk investasi reksa dana sepanjang April ini.

Hal ini setelah mempertimbangkan data domestik yang secara keseluruhan cukup positif dan potensi ekonomi Indonesia yang bertumbuh lebih baik tahun ini berdasarkan riset lembaga keuangan global terkemuka seperti IMF dan World Bank.

Setelah mengalami rally yang cukup panjang pasca terkoreksi ketika pemilihan Presiden AS dimenangkan Donald Trump pada akhir 2016, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi cukup signifikan sejak Maret lalu.

Faktor utama yang membuat pasar ekuitas terkoreksi adalah akibat faktor eksternal dari luar negeri yang berdampak pada negara lainnya. Salah satunya isu proteksionisme yang semakin nyata membuat pelaku pasar melakukan sell off pada aset ekuitas.

Kebijakan Donald Trump untuk menaikkan tarif impor baja dan aluminium sebesar 25% dan 10% serta menaikkan tarif impor produk-produk dari Tiongkok memberikan sentimen negatif pada pelaku pasar global. AS yang selama ini dikenal sebagai pelopor perdagangan bebas beralih menutup diri dengan melakukan tindakan proteksionisme. Dengan ekonomi dunia yang sudah terintegrasi salah satunya melalui perdagangan, risiko dari perang dagang ini dapat berdampak nyata pada turunnya ekspor dan naiknya inflasi di negara yang terlibat perang dagang tersebut.

Positifnya, Indonesia sebagai negara yang tidak mengandalkan ekspor pada perekonomiannya, memiliki risiko yang lebih kecil terjebak dalam risiko perang dagang tersebut. Berdasarkan data World Bank 2016, ekspor Indonesia memberikan kontribusi 19% pada Produk Domestik Bruto (PDB), relatif kecil bila dibandingkan dengan Malaysia 68% dan Thailand 69%.

Di sisi lain, data dalam negeri menunjukkan impor Indonesia meningkat selama 2018 yang menunjukkan meningkatnya permintaan konsumsi. Data lainnya seperti penjualan semen nasional yang meningkat 7,8% (year on year) pada Februari lalu turut memperkuat indikasi tersebut.

“Dengan mempertimbangkan data tersebut dan kondisi IHSG serta koreksi yang terjadi, saat ini merupakan peluang untuk para nasabah meningkatkan porsi alokasi investasi di ekuitas,” kata Ivan Jaya, Head of Wealth Management & Retail Digital Business Bank Commonwealth.

Dalam mendampingi nasabah untuk meningkatkan investasi, Bank Commonwealth memiliki layanan investasi reksa dana yang dapat dimonitor melalui Internet Banking dan Mobile Banking serta Dynamic Model Portfolio.

Dynamic Model Portfolio merupakan layanan wealth management yang didesain untuk mengikuti pasar yang makin dinamis dan dapat mengoptimalkan imbal hasil investasi nasabah. Dynamic Model Portfolio akan mengumpulkan berbagai informasi pasar, memilah mana yang paling relevan untuk setiap nasabah berdasarkan profil risiko dan tujuan investasi mereka, kemudian memberikan saran terkait penempatan portofolio aset-nya.

“Nasabah bisa menggerakkan asetnya secara dinamis, tidak harus sama dengan proporsi investasi yang ditentukan pada awal. Investasi disesuaikan tidak hanya berdasarkan profil risiko nasabah, namun juga risiko pasar ke depannya. Lewat Dynamic Model Portfolio, kami ingin melayani nasabah dengan wealth management yang mampu membantu mereka memahami realita pasar yang dinamis daripada hanya statis terpaku pada teori semata,” jelas Ivan.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER