Wings Peduli Kasih; Dukung Donor Darah dan Screening Donor Plasma Konvalesen

Wings Peduli Kasih; Dukung Donor Darah dan Screening Donor Plasma Konvalesen

Wings Peduli Kasih; Dukung Donor Darah dan Screening Donor Plasma Konvalesen

Tingkatkan kesadaran masyarakat khususnya penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen

Surabaya, Kabarindo- Yayasan Wings Peduli Kasih berkolaborasi dengan PMI, Rotary East Java Area 5-6-7, PERSOS Hwa-Ind, komunitas Bersama Indonesia Sehat, ExCov Community, ORARI, Halodoc dan Reblood menggelar donor darah umum dan screening donor plasma konvalesen di area drop-off depan Exhibition Hall Grand City pada Sabtu (27/2/2021).

Oucky Hartanto, General Affair PT Wings Surya, melalui Yayasan Wings Peduli Kasih mendukung kegiatan sosial tersebut. Kegiatan ini menargetkan 500 pendonor darah dan 500 penyintas Covid-19 yang bersedia melakukan screening donor plasma konvalesen.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen, sehingga dapat membantu mempercepat penanganan Covid-19,” ujarnya.

Oucky menambahkan, Yayasan Wings Peduli Kasih menyediakan sarana seperti tenda dan hand sanitizer serta goodie bag dan paket sembako untuk mereka yang telah mendonorkan darah maupun yang mengikuti screening donor plasma konvalesen.

Presiden Rotary Club of Surabaja dan ketua panitia, dr. Theresia Novi SpPK, mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan.

“Kami mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak yang memiliki misi yang sama dalam memberikan kemudahan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan donor plasma konvalesen di Surabaya,” ujarnya.

Koordinator Peyintas Covid-19 Indonesia, Edy Sukotjo, mengatakan para penyintas Covid-19 yang telah mengikuti screening akan dihubungi apakah layak untuk mendonorkan plasma konvalesen. Prosesnya akan dilakukan di PMI setempat, karena hanya PMI yang punya alatnya.

“Kami akan rutin mengadakan kegiatan ini di seluruh Indonesia. Banyak penyintas yang sudah mendaftar dan mengikuti screening. Mudah-mudahan banyak yang layak menjadi pendonor plasma konvalesen,” ujarnya.

Terapi Plasma Konvalesen (TPK) merupakan terapi yang menjanjikan dalam menekan angka kematian akibat Covid-19. Ini merupakan terapi yang melibatkan pemberian plasma dari penyintas Covid-19 kepada pasien yang masih menderita penyakit ini.

Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Johnny Eddizon Isir, telah menggagas upaya memperbanyak donor plasma konvalesen. Di antaranya dengan menggelar Gebyar Februari Donor Plasma Konvalesen. Ia berharap, gerakan tersebut bisa meningkatkan stok plasma darah di PMI dan bisa dimanfaatkan keluarga pasien.

“Dengan Terapi Plasma Konvalesen, diharapkan angka kesembuhan meningkat dan menurunkan angka kematian. Ini bagian dalam rangka percepatan penanganan Covid-19,” ujarnya.

Pemerintah sendiri terus mendorong tersedianya plasma konvalesen. Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah meresmikan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen di Jakarta pada Januari lalu. Diharapkan gerakan tersebut dapat menggugah empati dan memotivasi para penyintas Covid-19 untuk suka rela mendonorkan plasma konvalesen guna membantu pasien Covid-19 yang tengah dirawat di berbagai rumah sakit.

Penulis: Natalia Trijaji