University of California San Diego; Aplikasikan Platform Analytics dari SAP

University of California San Diego; Aplikasikan Platform Analytics dari SAP

University of California San Diego; Aplikasikan Platform Analytics dari SAP

Tingkatkan produktivitas mahasiswa

Surabaya, Kabarindo- SAP mengumumkan suksesnya peluncuran solusi SAP Student Activity Hub melalui kemitraan dengan University of California, San Diego, dengan menggabungkan data demografi mahasiswa, program studi dan pembelajaran ke dalam satu platform utama.

Akses yang disediakan oleh SAP bagi UC San Diego ke dashboard analytics dengan cepat mentransformasi UC San Diego menjadi lembaga yang dapat membuat keputusan berdasarkan data.

“Seiring dengan upaya universitas-universitas dalam menghadapi persaingan dan kebutuhan mahasiswa dan fakultas yang terus meningkat, sangat penting untuk menjadi lembaga yang cerdas dan memanfaatkan informasi berbasis data,” kata Malcolm Woodfield, kepala global pendidikan tinggi dan penelitian di SAP.

Ia menambahkan, SAP memungkinkan transformasi tersebut melalui solusi SAP Student Activity Hub dan SAP S/4HANA, yang membuat UC San Diego dapat beroperasi lebih efisien dengan pemahaman dan dukungan yang lebih baik atas pengalaman kemahasiswaan.

UC San Diego menerapkan aplikasi manajemen tingkat lanjut (advanced management applications) dan kemampuan solusi untuk secara lebih efektif menyediakan layanan pelanggan kepada populasi mahasiswa.

Menurut CIO dari UC San Diego Vince Kellen, PhD, Student Activity Hub SAP memungkinkan pihaknya untuk memanfaatkan kekuatan platform SAP guna menganalisis pengalaman mahasiswa secara real-time dan menyajikan lingkungan belajar yang lebih personal bagi mereka.

“Kemampuan untuk mengukur sejarah akademik setiap mahasiswa dan membuat prediksi individu tentang aktivitas masa depan mereka merupakan sebuah manfaat signifikan bagi lingkungan kelas kami dan memungkinkan universitas untuk lebih cerdas,” ujarnya.

UC San Diego menggunakan platform SAP untuk pelaporan dan analisis data mahasiswa dari semua sumber, menjadikannya jalur akses tunggal untuk profil real-time yang komprehensif dari setiap mahasiswa. Mengambil data dari berbagai sumber yang berbeda di seluruh kampus, Student Activity Hub menyusun data atas pengalaman masing-masing mahasiswa, berkembang bersama mahasiswa dan memberikan peluang baru bagi mereka untuk membangun profil pribadi dengan data real-time.

Sebagai contoh, solusi ini digunakan dalam program UC San Diego untuk membimbing siswa untuk lulus dalam empat tahun. Ini juga digunakan untuk merencanakan kursus dan program perkuliahan dengan mengidentifikasi tren penggunaan. Selain itu, staf pengajar menggunakan data untuk menganalisa cara mahasiswa belajar dalam mata kuliah mereka guna meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah lainnya pada tahun-tahun mendatang.

Bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkemuka seperti UC San Diego dan mitra bisnisnya, SAP memperluas kemampuannya saat ini untuk memungkinkan pengambilan keputusan strategis yang digerakkan oleh data di bidang pengawasan dan manajemen universitas, dengan fokus khusus pada aktivitas mahasiswa mulai dari pendaftaran hingga ke manajemen serta pengembangan kurikulum. Tujuan jangka panjangnya adalah membuat pendidikan tinggi lebih terjangkau, mudah diakses dan lebih relevan bagi mahasiswa maupun masyarakat luas.

Penulis: Natalia Trijaji