Tubuh Sehat & Vitalitas Meningkat dengan Yogamarta; Padukan Olah Tubuh & Olah Napas

Tubuh Sehat & Vitalitas Meningkat dengan Yogamarta; Padukan Olah Tubuh & Olah Napas

Tubuh Sehat & Vitalitas Meningkat dengan Yogamarta; Padukan Olah Tubuh & Olah Napas

Dika & Naga dari Ada Band berikan panduan dan ajarkan gerakan-gerakan Yogamarta

Surabaya, Kabarindo- Setiap orang tentu ingin hidup sehat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya di antaranya mengatur pola makan dan rutin berolahraga.

Pilihan jenis olahraga yang ditekuni bergantung minat masing-masing, kesibukan serta disesuaikan dengan usia. Anak muda biasanya memilih high impact yang cocok dengan usia mereka, misalnya aerobik, latihan beban. Sedangkan orang-orang berusia 40 tahun ke atas sebaiknya memilih olahraga yang ringan, misalnya senam. Banyak pula orang yang menggandrungi yoga.

Kini ada yoga yang mampu menjaga tubuh tetap sehat, kuat sekaligus meningkatkan vitalitas yaitu Yogamarta, yang diperkenalkan oleh Dika dan Naga dari Ada Band. Mereka adalah musisi yang saat ini menekuni Yogamarta dan mengajarkan kepada masyarakat yang tertarik mengikutinya. Dika adalah Grand Master Trainer Yogamarta, sedangkan Naga adalah Master Trainer Yogamarta.

Dika mengaku, awalnya tertarik Yogamarta karena ingin tetap sehat, mengingat sebagai musisi, ia dan rekan-rekannya sering tampil hingga larut malam bahkan dini hari. Setelah menekuni Yogamarta, ia merasa lebih sehat, kuat dan vitalitasnya meningkat.

“Saya dan Naga ini musisi, tapi passion kami olahraga. Saya sudah 4 tahun mendalami Yogamarta. Sebelumnya saya melakukan riset selama 8 tahun tentang Yogamarta yang bisa ditelusuri dari era Majapahit,” ujarnya.

Dika menjelaskan, Yogamarta merupakan gabungan olah tubuh dan olah pernapasan dengan gerakan-gerakan seperti dalam silat dan tarian Jawa, dimana keseimbangan dan ritme dari dalam diri merupakan dasarnya.

“Yogamarta adalah olah tubuh dan olah pernafasan asli dari Nusantara yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia. Ada 23 gerakan yang memadukan gerakan seni beladiri pencak silat dan tarian Jawa,” ujar pria berusia 47 tahun ini dalam Grand Launching Yogamarta pada Jumat (17/1/2020).

Dika menuturkan sudah mempelajari dan memperdalam Yogamarta yang dirasakannya membuatnya tetap sehat, mampu menyembuhkan diri sendiri karena memperbaiki sel-sel tubuh dan mencegah cedera.

Sementara Naga mengaku sudah melakukan bermacam jenis olahraga, namun ia kini mencintai Yogamarta. Ia mengatakan, Yogamarta efektif dalam membakar kalori asal melakukan gerakan-gerakan secara benar.

“Dalam 45-60 menit mampu membakar 500-600 kalori. Pertama berlatih memang otot-otot sakit. Tapi lama-lama malah jadi kuat,” ujarnya.

Yogamarta memiliki beberapa tingkatan dimulai dengan level basic yang dapat diikuti dan dilakukan setiap orang setiap hari, hingga level advanced dimana orang akan mempunyai kemampuan self healing atau menyembuhkan diri sendiri. Untuk itu, kita harus menguasi dulu gerakan-gerakan Yogamarta maupun olah napas.

Dika menambahkan, Yogamarta bisa dilakukan oleh mereka yang berusia mulai 16 tahun hingga lansia asal masih kuat. Juga bisa dilakukan setiap hari, boleh pagi, siang atau malam dengan durasi 45-60 menit. Disarankan untuk tidak makan selama satu jam sebelum latihan, namun boleh minum air putih. Setelahnya boleh makan sewajarnya untuk menggantikan kalori dan energi yang terbakar saat latihan.

Penulis: Natalia Trijaji