Transaksi Shopee Meningkat 300%; pada Puncak Big Ramadhan Sale 2019

Transaksi Shopee Meningkat 300%; pada Puncak Big Ramadhan Sale 2019

Transaksi Shopee Meningkat 300%; pada Puncak Big Ramadhan Sale 2019

Kumpulkan zakat dan donasi Rp 351.162.066

Surabaya, Kabarindo- Shopee mencatat peningkatan transaksi sekitar 300% dibandingkan puncak kampanye Ramadhan tahun lalu. Tingginya transaksi juga terlihat dari peningkatan trafik di aplikasi Shopee yang meningkat hingga 2 kali lipat.

Shopee mengamati beberapa fakta menarik tentang perilaku belanja pengguna. Kategori terfavorit yang mencatat pesanan tertinggi adalah Kecantikan, Busana Muslim, Peralatan Rumah, Handphone & Aksesoris serta Otomotif. Menariknya, kategori Otomotif meningkat, karena semakin banyak orang yang mencari aksesori mobil. Selain itu, pengguna Shopee dari Kota Bogor, membeli produk terbanyak selama periode puncak Ramadhan dibandingkan dengan kota-kota lain.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, mengapresiasi pengguna yang memilih Shopee untuk berbelanja online sekaligus berbagi selama Ramadhan. Menurut ia, penerimaan THR menjadi faktor utama peningkatan transaksi, sehingga mencatatkan rekor terbaru penjualan Shopee yang meningkat hingga 300% dibandingkan tahun lalu. Hal ini juga berkat dukungan mitra brand dan para penjual yang telah berpartisipasi.

Selama kampanye berlangsung, Shopee memberikan penawaran dan keuntungan seperti gratis ongkir serta program Serba 10RB dengan hadiah utama umroh bagi para pengguna. Dua peserta program Serba 10RB telah berhasil memenangkan hadiah umroh dari Big Ramadhan Sale.

Shopee juga mengumumkan total zakat dan donasi dari para pengguna yang akan disalurkan melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan Parongpong. Terkumpul dana sebanyak Rp.351.162.066 sejak kampanye Big Ramadhan Sale yang berlangsung hingga 29 Mei. Para pengguna masih dapat menyalurkan zakat serta donasi hingga akhir Juni 2019.

Sebagian dari donasi tersebut digunakan oleh BAZNAS untuk mendukung program “Hidangan Berkah Ramadhan” dengan berbagi hidangan sehat bagi mustahik di Jabodetabek. Sebagian lagi disalurkan program “Zero Waste to Landfill” bersama Parongpong untuk mengelola sampah selama Ramadhan di beberapa masjid di Jakarta dan Bandung.

“BAZNAS sudah berkolaborasi bersama Shopee sejak Ramadhan tahun lalu dan mendapat respon positif dari para pengguna Shopee. Kami salurkan bantuan melalui Shopee ke berbagai wilayah di Jabodetabek kepada masyarakat yang memerlukan. Kami langsung mendatangi lokasi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Iskandar Darussalam, Kepala Program Layanan Aktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Pencapaian Shopee selama Ramadhan bukan hanya mengenai transaksi bisnis. Kami juga ingin membantu memudahkan ibadah masyarakat Indonesia dengan menyalurkan zakat dan donasi mereka. Dengan berbagai inisiatif yang telah kami lakukan, kami berharap Shopee selalu menjadi destinasi belanja online pilihan masyarakat Indonesia di segala momentum spesial untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna,” ujar Handhika.

Penulis: Natalia Trijaji