Tips Menggunakan THR dari Jenius; Penuhi Kebutuhan & Kewajiban Secara Bijak dan Cermat

Tips Menggunakan THR dari Jenius; Penuhi Kebutuhan & Kewajiban Secara Bijak dan Cermat

Tips Menggunakan THR dari Jenius; Penuhi Kebutuhan & Kewajiban Secara Bijak dan Cermat

Bayar zakat, bayar THR pekerja di rumah, ongkos mudik, keperluan hari raya dan hantaran

Surabaya, Kabarindo- Umumnya, para karyawan sudah menerima tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja. Apakah anda sudah menggunakannya untuk berbelanja atau belum sempat berbelanja untuk kebutuhan Lebaran?

Orang sering kalap setelah menerima THR dan tanpa terasa menghabiskannya seketika. Bagi yang belum sempat berbelanja, rencanakan dengan bijak dan cermat penggunaannya, agar tidak bengong seusai Lebaran, karena kehabisan uang. Sebaiknya penuhi dulu kewajiban dan kebutuhan utama untuk menyambut Lebaran. Jenius memberikan tips bagaimana menggunakan THR dengan bijak dan cermat.

Bayar zakat dan fidiah

Sesuai dengan rukun Islam keempat, seorang muslim wajib mengeluarkan zakat. Dalam rangka menyambut hari raya, kaum Muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah. Bagi lajang yang sudah bekerja mapan, zakat mungkin tidak terasa memberatkan. Namun jika memiliki tanggungan istri dan anak-anak, sebaiknya menyiapkan bujetnya. Selain itu, jangan lupa untuk membayar fidiah bagi mereka yang berhalangan menjalani ibadah puasa.

Sambil membayar zakat fitrah, anda bisa sekalian menghitung dan membayar zakat profesi dan zakat harta yang mungkin belum dibayar setahun ke belakang, atau mengalokasikan untuk setahun ke depan. Anda bisa membayar zakat dengan mudah lewat Baznas. Untuk mengirim zakat, pilih Send It. dari Jenius app, pilih Tagihan (Bills), lalu pilih Amal & Donasi (Charity & Donation), kemudian pilih Baznas dan masukkan nominal zakat sesuai perhitungan.

Bayar THR pekerja di rumah dan lingkungan sekitar

Setelah menerima THR dari tempat anda bekerja, jangan lupa membayar THR untuk orang-orang yang bekerja atau membantu anda sehari-hari. Asisten rumah tangga, babysitter, sopir, mbak atau mas penjaga kos-kosan hingga personel keamanan lingkungan rumah. Besaran THR bisa anda tentukan sendiri sesuai kemampuan, antara satu hingga dua kali gaji. Sementara untuk mereka yang membantu anda di luar rumah, bisa anda tentukan nominal sepantasnya sesuai kemampuan.

Ongkos mudik

Bagi para perantau, tiket mudik, khususnya pesawat dan kereta, biasanya sudah dipesan jauh hari. Jika anda membayarnya dengan kartu kredit atau memakai uang tabungan, segera lunasi atau menggantinya dengan uang THR. Untuk pengendara mobil pribadi, bisa langsung mengalokasikan THR untuk kebutuhan bensin, tol hingga servis kendaraan pra dan pasca mudik. Gunakan x-Card untuk menyisihkan uang tersebut agar memudahkan anda mengatur pengeluaran selama perjalanan mudik.

Membeli keperluan hari raya di rumah

Susun bujet sebaik-baiknya agar tak perlu mengambil tabungan. Mulailah dengan membuat daftar bahan makanan maupun keperluan lain. Jika rumah anda biasa dipakai untuk kumpul keluarga besar, maka wajib menghitung dan mengalokasikan secara teliti bujet belanja yang disesuaikan dengan perkiraan jumlah tamu.
Keperluan lain yang harus dihitung adalah amplop untuk para orangtua maupun anggota keluarga yang belum dewasa dan belum bekerja.

Hantaran

Pengeluaran khas hari raya yang tidak wajib tapi bisa menguras dana cukup besar adalah hantaran. Tentukan sejak awal bujet yang dikeluarkan untuk mengirim hantaran untuk kerabat dan kolega, lalu sesuaikan dengan jenis parsel yang anda pilih.

Beli hewan kurban untuk Idul Adha

Dapat THR-nya sekali, tapi hari rayanya (untuk Muslim) dua kali dalam setahun. Jadi mumpung THR-nya baru diterima, langsung sisihkan untuk keperluan Idul Adha mendatang. Anda bisa menyimpan bujet untuk kurban di FlexiSaver jika belum berniat membeli hewan kurban tersebut sekarang.

Penulis: Natalia Trijaji