Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Sharp Indonesia; Targetkan Kenaikan Pangsa Pasar di Kategori Smart TV

Sharp Indonesia; Targetkan Kenaikan Pangsa Pasar di Kategori Smart TV

Ekonomi & Bisnis | Jumat, 13 Desember 2019 | 14:40 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sharp Indonesia; Targetkan Kenaikan Pangsa Pasar di Kategori Smart TV

Sharp Indonesia; Targetkan Kenaikan Pangsa Pasar di Kategori Smart TV

Luncurkan Artificial Intelligence (AI) televisi yang kaya muatan lokal

Surabaya, Kabarindo- Terpaan ponsel pintar yang memberikan kemudahan hiburan dalam satu genggaman, sering kali dianggap mengancam fungsi dan eksistensi televisi sebagai alat elektronik penyedia hiburan.

Kecenderungan masyarakat yang semakin melek teknologi didukung dengan kinerja koneksi internet yang semakin membaik menjadi penyebabnya. Penggunaan sosial media, media hiburan seperti musik, hingga waktu menonton televisi dalam bentuk streaming, video on demand dan broadcast turut naik.

Karena itu, Sharp Indonesia tak tinggal diam. Potensi pasar smart TV yang besar dan tingginya kebutuhan masyarakat akan internet yang tinggi diwadahi dengan jajaran televisi canggih nan pintar. Pada penghujung 2019, Sharp Indonesia menambah lini televisi terbaru dengan Android TV dengan Google Assistant. Perpaduan fitur Google Assistant dengan kecanggihan teknologi lainnya ini mampu menghadirkan pengalaman baru melalui perintah suara yang diarahkan pada remote.

“Peluncuran Android TV dengan Google Assistant selaras dengan janji kami untuk menghasilkan lebih banyak produk berteknologi AIoT untuk konsumen di Indonesia. Kami ingin secara bertahap mengedukasi konsumen untuk melihat kemudahan yang ditawarkan dalam setiap produk AIoT kami. Tujuannya agar mereka bisa beradaptasi dan beralih mewujudkan rumah pintar atau smart home dengan produk-produk Sharp lainnya, termasuk televisi,” ujar Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Lewat Android TV dengan Google Assistant, Sharp optimis dapat memperbesar pangsa pasar televisi pada kategori smart TV menjadi 15% pada 2020. Pada kategori smart TV, pasar televisi menunjukkan peningkatan kuantitas hingga 52% sepanjang Oktober 2018 hingga September 2019.

Android TV dengan Google Assistant menyajikan cara baru beraktivitas bagi konsumen. Dengan perintah suara, Android TV dengan Google Assistant akan menyapa konsumen dan menginformasikan berbagai hal yang diperlukan untuk memulai hari. Informasi ini termasuk mengecek cuaca, memberitahukan agenda konsumen, membaca berita hingga memprediksi informasi perjalanan dan waktu tempuh, juga seputar tontonan, musik, hobi dan banyak lagi.

Sharp Indonesia menjamin penggunaan fitur Google Assistant melalui televisi semakin menguntungkan konsumen. Televisi tipe ini dilengkapi teknologi Full HD dan 4K di mana tampilan gambar semakin jernih sesuai realita berkat teknologi pengolahan warna dan cahaya dari HDR.

Kenyamanan dalam menggunakan televisi ini diperkaya dengan beragam ukuran. Konsumen dapat memilih Android TV dengan Google Assistant dalam ukuran sedang atau besar. BG series (HD dan Full HD) menjadi penanda untuk tipe televisi berukuran 32”, 42” hingga 50”, sedangkan BK series (4K) diperuntukkan konsumen yang tertarik pada ukuran besar, mulai dari 50”, 60” hingga 70”.

Android TV dengan Google Assistant menjajalkan ribuan aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang dalam televisi layar besar. Agar pengalaman menonton semakin spektakuler, sambungkan speaker active dengan televisi yang dapat terhubung dengan Bluetooth Audio Out. Untuk konsumen yang tak bisa lepas dari ponsel, coba fitur Chromecast built-in sehingga memungkinkan konsumen mentransfer foto dan video dari ponsel dengan mudah.

Pada Android dengan Google Assistant, konsumen dapat menikmati beragam konten lokal. Mengedepankan muatan lokal merupakan upaya Sharp Indonesia untuk terus berkomitmen dalam memproduksi local fit products.

“Pembuatan local fit products merupakan salah satu cara kami untuk mewujudkan anjuran Kementerian Perindustrian dalam mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Kami ingin berpartisipasi memberdayakan dan mempromosikan industri dalam negeri. Karena itu, kami menyediakan kembali fitur Azan reminder yang akan menjadi pengingat waktu solat serta rekomendasi aplikasi-aplikasi karya anak bangsa,” ujar Ardy, AUVI Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Televisi ini juga menawarkan aplikasi lokal Kaskus TV yang menampilkan konten-konten yang telah terintegrasi dengan Kaskus Forum. Platform videonya lebih banyak difokuskan pada minat, hobi dan gaya hidup.

Dengan banyaknya ragam fitur, teknologi dan konten yang bisa disaksikan lewat satu televisi, Android TV dengan Google Assistant akan dibanderol dengan rentang harga yang bersahabat. BG series (HD dan Full HD) ukuran 32” – 50”, harganya Rp.3,3 juta-Rp.6,3 juta, sedangkan pada BK series (4K) ukuran 50” – 70” harganya Rp.7 juta sampai Rp.20 juta.

Untuk setiap ukuran pada Android TV dengan Google Assistant, Sharp Indonesia menargetkan jumlah unit tertentu yang akan terjual hingga 2020 mendatang. Secara keseluruhan untuk televisi tipe terbaru ini, ditargetkan penjualan hingga 100.000 unit.

Kami percaya target ini dapat kami lampaui dan televisi Sharp tetap mencapai posisi pangsa pasar nomor satu,” ujar Andry.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER