Rotary D 3420 & Sri Chinmoy Oneness Home; Adakan Peace Run 2020 Madura Bersinar untuk Indonesia & Dunia

Rotary D 3420 & Sri Chinmoy Oneness Home; Adakan Peace Run 2020 Madura Bersinar untuk Indonesia & Dunia

Rotary D 3420 & Sri Chinmoy Oneness Home; Adakan Peace Run 2020 Madura Bersinar untuk Indonesia & Dunia

Berlangsung di Pamekasan, Surabaya dan Bangkalan, promosikan perdamaian dunia

Surabaya, Kabarindo- Menandai salah satu pilar Rotary International yaitu Perdamaian Dunia, Rotary Club District 3420 Regional 5-6-7 bekerja sama dengan Sri Chinmoy Oneness Home - Peace Run mengadakan rangkaian acara Rotary Peace Run 2020 - Madura Bersinar untuk Indonesia & Dunia.

Sri Chinmoy Oneness Home - Peace Run merupakan organisasi international yang mempromosikan perdamaian melalui pertemanan dunia melalui kegiatan lari estafet ke seluruh duma. Tujuannya untuk mempromosikan saling pengertian dan hubungan harmonis antar bangsa, kepercayaan dan budaya. Nelson Mandela, Mother Teresa, Mikhail Gorbachev dan Muhammad All adalah orang-orang yang pernah berpartisipasi dalam kegiatan Peace Run.

Mufid Wahyudi, Past District Governor, mengatakan Madura dipilih menjadi tempat untuk mengadakan Rotary Peace Run 2020, karena budaya dan masyakarat Madura yang unik serta letaknya tidak jauh dari Surabaya.

Febri Dipokusumo, District Governor (DG) 3420, mengatakan event tersebut diselenggarakan sebagai salah satu bentuk kepedulian Rotary 3420 untuk menciptakan perdamaian dunia dan pengertian antar sesama umat manusia dengan berbagai latar belakang, peningkatan perekonomian daerah serta pengenalan Pamekasan dan Bangkalan ke tingkat dunia.

Febri menambahkan, kelancaran persiapan kegiatan tersebut didukung penuh oleh Pemerintah Bangkalan dan Pamekasan serta FKUB Madura (Forum Komunikasi Umat Beragama).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai 6-8 Februari 2020 di Pamekasan, Surabaya dan Bangkalan. Pada Kamis, 6 Februari, rombongan berangkat dari Surabaya menuju Pendopo Kabupaten Pamekasan, kemudian ke lokasi Wisata Api Tak Kunjung Padam.

Kegiatan Madura Bersinar untuk Indonesia dan Dunia dibuka oleh Bupati Pamekasan dan tokoh lintas agama. Dilanjutkan kunjungan ke sekolah binaan Pondok Pesantren Dahrul Akhlaq Pamekasan, kemudian kembali ke Surabaya. Setelah itu, rombongan akan melakukan makan malam bersama Wakil Gubernur Jawa Timur.

Pada Jumat, 7 Februari, rombongan mengunjungi Sekolah Luar Biasa Karya Mulia Surabaya, dan Spins International School Surabaya. Selanjutnya menuju Sanggar Agung Kenjeran dan mempersiapkan Peace Run. Pada Sabtu, 8 Februari, Fellowrotarian (sebutan bagi member Rotary) dan masyarakat Jawa Timur melakukan lari pagi di Bangkalan.

Etty Soraya, President Rotary Surabaya Kaliasin, mengatakan kegiatan Rotary Peace Run ini menarik karena bukan hanya lari, namun pelari maupun masyarakat dapat menikmati dan membeli produk lokal Madura yang dijual seperti makanan dan minuman khas serta kerajinan.

“Rangkaian kegiatan tersebut akan menjadi sejarah bagi Rotary D 3420 Regional 5-6-7 untuk terus melakukan pengabdian masyarakat,” ujar Frangky Amacy, Ketua Peace Run 2020.

Penulis: Natalia Trijaji