Program Kelas Online Bidan Sehati; Tingkatkan Kapabilitas dan Satuan Kredit Profesi Bidan

Program Kelas Online Bidan Sehati; Tingkatkan Kapabilitas dan Satuan Kredit Profesi Bidan

Program Kelas Online Bidan Sehati; Tingkatkan Kapabilitas dan Satuan Kredit Profesi Bidan

Tidak perlu meninggalkan praktik, informasi diberikan secara langsung oleh ahlinya

Surabaya, Kabarindo- Profesi seorang bidan adalah sebuah panggilan hati untuk mengabdi tanpa henti pada profesi. Tugas seorang bidan selain membantu proses kelahiran bayi juga memberikan penyuluhan semasa ibu hamil dan menyusui, serta menjaga kesehatan bayi dan balita.

Profesi ini sangat mulia karena bidan sering mengorbankan kehidupan pribadinya untuk menolong perempuan melahirkan tanpa mengenal tempat dan waktu. Kepribadian seorang bidan semestinya sabar, ramah dan perhatian terhadap ibu hamil dan balita.

Setelah menempuh pendidikan, seorang bidan yang sudah lulus tidak dapat langsung membuka praktik, namun harus mempunyai Surat Izin Praktik Bidan (SIPB). Untuk mendapatkan surat tersebut, seorang bidan harus lebih dulu mendapatkan rekomendasi dari organisasi profesi bidan yang melakukan uji kompetensi dalam hal penilaian kemampuan keilmuan dan keterampilan, kepatuhan terhadap kode etik dan kesanggupan melakukan praktik bidan.

Sebelum SIPB diterbitkan, calon bidan juga harus memiliki Surat Izin Bidan (SIB) dan Surat Tanda Registrasi (STR) lebih dahulu yang berlaku selama 5 tahun. Uji kompetensi seorang bidan penting untuk memastikan jika bidan yang membuka praktik benar-benar bidan yang kompeten dan dapat mengurangi angka kematian ibu dan kematian bayi.

Menambah ilmu untuk meningkatkan kapabilitas merupakan hal yang penting bagi seorang bidan. Dengan ilmu dan pengalaman yang mumpuni, kemampuan bidan dalam menangani pasien akan bertambah. Namun untuk menambah ilmu dan meningkatkan kapabilitas, ada kalanya bidan harus mengikuti sejumlah pelatihan yang cukup menyita waktu, sehingga harus mengorbankan waktu untuk praktik.

Melihat fenomena ini, Bidan Erna Shinta Nurdianty, Implementation Team Leader di Sehati TeleCTG menjelaskan bahwa Bidan Sehati merupakan wadah bagi komunitas bidan di Indonesia yang mengadakan pelatihan untuk bidan berbentuk kelas online agar Sejawat Bidan di seluruh Indonesia dapat meningkatkan kapabilitas, tanpa mengorbankan waktu praktik. Kelas online bidan ini dapat diikuti dari mana saja, dari tempat praktik sekalipun. Dasar hukum untuk kelas online ini adalah Peraturan Menteri Kesehatan RI No 46 tahun 2017 tentang strategi e-kesehatan nasional.

“Berikut ini manfaat yang akan diperoleh Sejawat Bidan jika mengikuti Kelas Online Bidan Sehati, antara lain hemat waktu dan tidak harus meninggalkan praktik, informasi diberikan secara langsung oleh ahlinya, diskusinya interaktif dan materi yang disampaikan dibahas sampai tuntas, menambah koneksi dan cara bergabung kelas online sangat mudah,” jelas Bidan Erna.

Ia memaparkan satu per satu manfaat yang diperoleh dari Kelas Online Bidan Sehati. Di Kelas Online Bidan Sehati, Sejawat Bidan bisa mendapatkan ilmu tanpa harus meninggalkan tempat praktik, menempuh jarak yang jauh dan tanpa mengeluarkan biaya pendaftaran. Dengan bermodal ponsel pintar, Sejawat Bidan bisa menambah wawasan seputar dunia kebidanan.

“Semua pemberi materi dan narasumber Kelas Online Bidan Sehati merupakan para ahli di bidangnya. Sepak terjang masing-masing pemberi materi dan narasumber tidak usah diragukan. Materi yang diberikan akan beragam dan berbeda setiap minggunya. Dalam seminar pada umumnya, pertanyaan dari peserta biasanya dibatasi. Hal ini tidak akan terjadi di Kelas Online Bidan Sehati. Pertanyaan dari setiap peserta akan dijawab dan dibahas tuntas. Jadi Sejawat Bidan bisa melemparkan pertanyaan tanpa harus sungkan dan khawatir tidak akan dijawab oleh narasumber,” ujar Bidan Erna.

Ia menambahkan, banyak bidan yang telah bergabung di Kelas Online Bidan Sehati berasal dari luar Jawa, seperti Kalimantan, Sumatera hingga Flores. Ke depannya, Kelas Online akan terus menjangkau bidan-bidan di seluruh Indonesia, bahkan bidan-bidan di daerah terpencil. Hal ini akan membuat Sejawat Bidan memiliki banyak teman untuk berbagi suka, duka dan pengalaman kebidanan.

“Untuk bergabung di Kelas Online Bidan Sehati mudah. Sejawat Bidan dapat mengisi data diri di formulir pendaftaran di website Bidan Sehati atau Sosial Media Bidan Sehati seperti Instagram Bidan Sehati. Setelah mengisi formulir, sejawat bidan akan otomatis masuk ke dalam grup Telegram Bidan Sehati. Jadwal Kelas Online adalah Jumat di setiap minggu untuk kelas online non-SKP. Sedangkan jadwal kelas online ber-SKP akan selalu di update di grup Telegram Bidan Sehati,” ujar Bidan Erna.

Begitu banyak manfaat yang akan diperoleh Sejawat Bidan dalam mengikuti Kelas Online Bidan Sehati. Selain mendapatkan ilmu, Sejawat Bidan juga dapat menambah kredit SKP (Satuan Kredit Profesi) yang bermanfaat untuk perpanjangan STR. Untuk terus mengikuti informasi seputar Kelas Online Bidan Sehati dapat follow Facebook dan Instagram Bidan Sehati, serta mendownload aplikasi Bidan Sehati di google play store di handphone untuk memudahkan pekerjaan Sejawat Bidan.

Penulis: Natalia Trijaji