Nongkrong di manis ae; Nikmati Beragam Menu Kekinian dan Kopi Spesial

Nongkrong di manis ae; Nikmati Beragam Menu Kekinian dan Kopi Spesial

Nongkrong di manis ae; Nikmati Beragam Menu Kekinian dan Kopi Spesial

Suasananya asik, ada spot-spot instagramable

Surabaya, Kabarindo- Pandemi Covid-19 justru mendorong usaha kuliner tumbuh pesat, di antaranya kafe. Hal ini untuk mengakomodasi gaya hidup terutama anak muda yang suka nongkrong untuk kumpul-kumpul atau sambil mengerjakan tugas dan membahas kegiatan.

Semua itu bisa dilakukan di manis ae Coffee & Space yang baru buka di kawasan Taman Pinang Indah yang strategis dan ramai di Sidoarjo, Jawa Timur. Tempat ini menyajikan beragam menu kekinian dan minuman kopi spesial yang bisa dinikmati dalam suasana santai.

Memasuki pintu utama, pengunjung disambut dengan dua buah pohon kopi arabika yang sedang berbuah lebat. Menurut Anton Soekamto, Chief Operating Officer manis ae, ini merupakan simbol dari kecintaan dan keahlian tim F&B manis ae tentang kopi.

Ia mengatakan, manis ae mengusung konsep bohemian dan industrial garden dengan meja-meja dan kursi-kursi dari kayu. Pengunjung bisa memilih duduk di zona sesuai dengan suasana hati. Mereka juga bisa ber-selfie ria di spot-spot foto yang instagramable.

Anton menambahkan, kapasitas manis ae sekitar 200 orang di space indoor maupun outdoor. Namun sesuai protokol kesehatan, maka hanya boleh diisi separo dari kapasitas. Selain nongkrong, pengunjung juga bisa mengerjakan tugas di area indoor ber-AC yang sejuk dan lebih nyaman.

“Kami menyediakan coworking space untuk memenuhi kebutuhan tempat bekerja, meeting dan lainnya. Pengunjung bisa berlangganan di sini dan bekerja di area garden, VIP, industrial atau area lainnya,” ujarnya.

Anton menjelaskan, manis ae menghadirkan pohon kopi robusta yang berumur puluhan tahun sebagai sarana knowledge sharing kepada para pengunjung. Terdapat bermacam biji kopi mulai dari yang mentah hingga masak, mulai dari honey hingga wine process, yang mengelilingi pohon tersebut. Kemudian di area bar, dipajang pohon arabica yellow catura yang sedang berbuah. Aroma kopi yang wangi dan khas menyeruak saat barista meracik minuman kopi yang dipesan pengunjung.

“Kami menyajikan kopi arabika. Tapi untuk minuman dingin dikombinasi dengan robusta,” ujar Anton.

Ia merekomendasikan Arummanis yang wajib dicoba oleh penggemar menu milenial. Minuman ini merupakan paduan kopi, coklat dan arumanis. Selain itu, ada Manis Legit bagi penggemar mixologyfrappe, yang akan menuntun lidah menjelajah teksturnya. Kopi ini juga bisa dinikmati dengam siraman espresso premium di atasnya.

Tak ketinggalan minuman spesial Cold Drip, hasil dari proses R&D yang panjang melalui penyeduhan kopi tanpa air panas melainkan dengan air es selama 10-12 jam, kemudian disajikan dalam botol dengan paduan rasa buah yang segar. Ada 4 varian Cold Drip yaitu original, Pepo dengan rasa water melon, Citrus Mocktail dan Apple Peach.

“Ini merupakan salah satu minuman unggulan di manis ae. Cold Drip terbuat dari paduan buah dan kopi arabika yang dihilangkan asamnya. Tetap ada kopinya tapi ada fruity-nya. Rasanya segar. Cocok bagi mereka yang ingin minum kopi arabika tapi tak suka rasa asamnya. Juga praktis, bisa di-take away,” ujar Anton.

Untuk makanan, kafe ini menawarkan menu andalan yang lumayan pedas. Cocok bagi penggemar makanan pedas. Ada Nasi Krengsengan dengan lauk daging sapi khas Jepang. Juga ada Nasi Khas manis ae yang merupakan rice bowl dengan lauk daging ayam, pentol, sosis, bakso dan sayuran.

Anton mengatakan, manis ae membidik semua kalangan, mulai dari anak muda, orang tua hingga keluarga. Ia tak khawatir bersaing dengan kafe-kafe lain yang sudah banyak hadir dan mungkin akan bermunculan lagi. Ini karena kafenya menyediakan semua yang dibutuhkan dan diinginkan pengunjung.

“Kalau kita menyajikan produk yang berkualitas dengan layanan bagus, makanan dan minuman yang enak dengan lokasi strategis dan tempat yang nyaman, pasti akan menjaring banyak pengunjung,” ujarnya optimis.

Penulis: Natalia Trijaji