MedicElle Clinic; Berikan Layanan Kesehatan Secara Holistik pada Perempuan

MedicElle Clinic; Berikan Layanan Kesehatan Secara Holistik pada Perempuan

MedicElle Clinic; Berikan Layanan Kesehatan Secara Holistik pada Perempuan

Miliki layanan poliklinik umum, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah umum, spesialis obsteri dan ginekologi

Surabaya, Kabarindo- Para perempuan kini tak perlu ragu dan khawatir untuk memeriksakan kesehatannya, karena ada MedicElle Clinic, klinik kesehatan khusus perempuan pertama dan satu-satunya di Surabaya.

Peresmian klinik tersebut pada Minggu (21/4/2019) dihadiri oleh Arumi Emil Dardak, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur yang juga istri Emil Dardak. Wakil Gubernur Jatim.

Menurut dr. Sahar Bawazeer SpB, Dirut MedicElle Clinic sekaligus dokter spesialis bedah umum, kliniknya merupakan fasilitas kesehatan yang utamanya diperuntukkan bagi pasien perempuan serta menghadirkan seluruh unit pelayanan dan tenaga medis perempuan.

“Ada banyak pertimbangan bagi perempuan sebelum memutuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain pertimbangan medis, juga faktor kenyamanan dan kepercayaan. Tak sedikit perempuan yang ragu, malu atau takut untuk memeriksakan diri, terutama jika pemeriksaan dilakukan oleh dokter laki-Iaki,” ujarnya.

dr. Sahar mengatakan, di Indonesia masih jarang ada fasilitas kesehatan yang diperuntukkan bagi wanita secara holistik, mulai dari wanita muda hingga lanjut usia. Selain itu, layanan kesehatan yang selama ini lebih banyak diutamakan adalah yang bersifat kuratif atau mengobati. Padahal, layanan kesehatan yang promotif dan preventif tak kalah penting untuk disosialisasikan. Salah satunya melalui deteksi dini atau skrining.

“Dengan melakukan skrining, bibit penyakit dapat terdeteksi lebih awal, sehingga semakin besar pula kemungkinan penyakit tersebut dapat dicegah dan diobati,” ujarnya.

MedicEIle Clinic memiliki layanan poliklinik umum, spesialis penyakit dalam, spesialis obstetri dan ginekologi serta bedah umum. Tenaga medis di MedicElle Clinic terdiri dari dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi-onkologi medik, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis radiologi dan dokter spesialis bedah umum.

“Kami memfasilitasi pelayanan berupa konsultasi sekaligus tindakan kuratif ringan dengan pembiusan lokal ataupun terapi-terapi kimia ringan lainnya yang sesuai dengan kapasitas klinik utama. Sedangkan untuk pelayanan kuratif yang bersifat sedang dan berat, MedicElle Clinic bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Surabaya yang akan dijadikan rujukan untuk penanganan,” terang dr. Sahar.

Klinik tersebut memiliki layanan dengan teknologi mutakhir dengan minimal invasif yang hanya menggunakan pembiusan lokal. Dengan perangkat jarum dan vakum, dokter bedah dapat mengangkat sampel jaringan kecil dari benjolan ataupun keseluruhan benjolan jinak pada payudara hanya dengan luka sayatan yang minimal.

Dalam waktu dekat, MedicElle Clinic juga akan menyediakan pelayanan radiologis yaitu mamografi digital, tomosintesis dan x-ray. Mamografi masih menjadi rekomendasi utama untuk deteksi dini tumor payudara. Dibandingkan dengan mamografi analog, mamografi digital memiliki banyak kelebihan. Dari segi hasil, dengan mamografi digital, gambaran interpretasi payudara dapat dilihat secara tiga dimensi. Berbeda dengan mamografi analog yang hanya menghasilkan gambar dua dimensi. Mamografi digital juga dapat menghasilkan lebih banyak foto, karena penampang payudara diambil dari berbagai sudut dengan gambar lapisan-lapisan jaringan payudara yang amat tipis.

“Dengan berbagai kelebihan tersebut, mamografi digital dapat memberikan lebih banyak infomasi, sehingga diagnosa terhadap tumor payudara dapat dilakukan dengan lebih akurat dan penanganannya pun lebih tepat,” ujar dr. Sahar.

Penulis: Natalia Trijaji