Kemah Pemuda ASEAN 2018: Siap Di Gelar

Kemah Pemuda ASEAN 2018: Siap Di Gelar

Jakarta, KABARINDO-Portal- Pejabat pemerintah negara-negara ASEAN yang menangani kepemudaan akan melangsungkan pertemuan di Jakarta, 2-5 Mei 2018.

Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan ASEAN SOMY (Senior Officials Meeting on Youth) ke-9,  sebuah pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN Bidang Kepemudaan ke-9.

Demikian disampaikan Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh dalam konperensi pers di Kantor Kemenpora, Rabu (25/4/2018) seperti dilansir dari WA yang diterima redaksi.

Kegiatan ini, jelas Niam, dihadiri pejabat tinggi bidang kepemudaan dari seluruh Negara Anggota ASEAN. "Di samping negara ASEAN, pertemuan juga akan dilajutkan dengan ASEAN plus tiga negara mitra , yaitu Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok. Ini merupakan kegiatan rutin dua tahun sekali secara bergiliran di Negara ASEAN", ujar Niam yang bertindak sebagai Chairman ASEAN SOMY.

Lebih lanjuta Niam menjelaskan, pertemuan ASEAN SOMY dan ASEAN SOMY+3 bertujuan untuk membahas isu-isu kepemudaan di regional Asia Tenggara serta kegiatan-kegiatan kepemudaan di ASEAN yang tertuang di dalam ASEAN Workplan on Youth. Tema yang dipilih tahun ini ialah "Proliferating Youth Entrepreneurship in ASEAN", yakni mendorong tumbuh kembangnya kewirausahaan di kalangan pemuda ASEAN. "Tema tersebut dipilih mengingat masalah krusial yang dihadapi seperti pengangguran pemuda dan minimnya daya saing pemuda dalam kompetisi global. Diharapkan dalam forum ini ada kesepakatan strategi dan penguatan program kepemudaan di bidang kewirausahaan yang sedang menjadi tren saat ini. Ini sekaligus menindaklanjuti konsens Presiden untuk menumbuhkembangkan wirausahawan baru. Dan wirausahawan muda adalah solusi untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat", ujarnya yang didampingi Asdep Kewirausahaan Imam Gunawan dan Asdep Kemitraan Wisler Manalu.

Agenda utama pembahasan dalam pertemuan ini  antara lain meliputi diskusi tentang ASEAN Youth Development Index, laporan kegiatan yang telah dilakukan oleh seluruh Negara Anggota ASEAN pada tahun 2017, dan rencana kegiatan tahun 2018.
"Dalam pertemuan ini juga akan dibahas berbagai sinergi kegiatan pemuda ASEAN dengan negara mitra, yaitu Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok", tambahnya.

*Kemah Pemuda ASEAN*

Sebagai rangkaian kegiatan ASEAN SOMY, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan berbagai kegiatan kepemudaan internasional, diantaranya ASEAN Youth Expo. "Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang pameran produk para wirausahwan muda Indonesia dab ASEA, sekaligus untuk temu bisnis dan
tukar pengalaman. Ini juga jembatan bagi wirausahawan muda Indonesia untuk go international", jelasnya.

Selain itu, ada juga akan dilaksanakan ASEAN Youth Camp,  pertemuan pemuda ASEAN untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, mengasah kepemimpinan, dan meningkatkan komitmen persatuan dibtingkat regional.

"Di samping itu, para pemuda ASEAN juga akan bergabung bersama para pemuda pelajar Indonesia yang berasal dari IPNU, IPM, dan PMII untuk melaksanakan Apel Pemuda Pelajar. Apel ini akan diikuti oleh 5000 pelajar Indonesia dan ASEAN, pada Hari Pendidikan 2 Mei 2018. Direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI", jelasnya.

Selanjutnya, di akhir Mei, juga akan digelar International Budhis Conference di Candi Borobudur. "Kegiatan ini akan diikuti oleh para pemuda Budhis ASEAN dan negara lain, bertempat di Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah. Kegiatan ini juga melibatkan para pemuda dan mahasiswa Budhis di Indonesia", tutupnya.
Kehadiran delegasi pertemuan ASEAN  SOMY juga dimanfaatkan untuk mensososialisasi kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Paragames 2018. Untuk itu, dalam rangkaian acara pertemuan, para peserta akan diajak meninjau venue yang terdapat di Kompleks Gelora Bung Karno serta memperoleh sosialisasi acara Asian Games, agar mereka menjadi duta bagi negara masing-masing tentang sukses Asian Games.