Hypebeast Nation Sneakers; Tampilkan Produk Lokal dan Karya Anak Bangsa

Hypebeast Nation Sneakers; Tampilkan Produk Lokal dan Karya Anak Bangsa

Hypebeast Nation Sneakers; Tampilkan Produk Lokal dan Karya Anak Bangsa

Digelar Pakuwon Mall bersama Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Sneakers makin diminati, terutama oleh anak muda dan pecinta olahraga lari. Banyak brand sneakers yang bisa ditemui di Indonesia, termasuk brand lokal.

Untuk memperkenalkan brand-brand lokal, Pakuwon Mall bersama Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) mengadakan event Hypebeast Nation bertajuk Urban Fashion Exhibition, Workshop & Talkshow di atrium Food Society selama 28 Agustus – 1 September 2019.

Menurut Dian Apriliana Dewi, Senior Promotion Manager Pakuwon Mall, event tersebut diadakan sebagai ajang yang menghadirkan produk lokal dan karya anak bangsa di bidang sepatu, khususnya sneakers.

“Sekarang kan banyak brand lokal yang bermunculan. Ini membuktikan karya anak bangsa makin bagus dan membanggakan. Hal ini perlu didukung dengan menggelar event ini sebagai wadah bagi anak bangsa yang ingin berkarya dan memperkenalkan karya mereka,” ujarnya.

Dian mengatakan, pembuatan sepatu membutuhkan banyak ide dan kreativitas yang tinggi agar diminati konsumen dan mampu bersaing di industri persepatuan yang ketat.

Ia menambahkan, event yang pertama kali digelar Pakuwon Mall ini mengkhususkan pada sneakers yang digandrungi anak muda. Hal ini karena sneakers tak lekang oleh waktu.

“Sneakers kan selalu dibutuhkan dan dicari, seperti tren. Tapi ini nggak lekang oleh waktu. Hal ini direspon oleh industri sepatu di Indonesia yang menawarkan beragam brand lokal yang tak kalah bagus dengan produk luar dari sisi model maupun kualitas,” ujar Dian.

Untuk mendorong produk lokal lebih meningkat, dalam event tersebut, juga diadakan Indonesia Footwear Creative Competition yang mencakup footwear design dan photography & videography. Footwear design mengusung tema Heritage in Modernity (Warisan Budaya dalam Kemodernan) dengan sketching concept sneaker untuk kategori sepatu fashion pria, sepatu fashion wanita dan sepatu back to school. Sedangkan photography & videography mengusung tema Explore Our Locals Footwear (Eksplorasi Alas Kaki Lokal Kita).

Heru Budi Susanto, Kepala BPIPI, mengatakan pihaknya selalu mendukung anak bangsa dalam menghasilkan karya yang diharapkan semakin bagus.

“Makin banyak desain karya anak muda yang bagus, tidak kalah dengan produk dari brand-brand luar negeri,” ujarnya.

Hal itu terbukti dari makin diminatinya produk Indonesia di luar negeri. Heru menyebutkan, Indonesia merupakan negara penghasil sepatu nomor 6 di dunia dan pengekspor sepatu nomor 4 di dunia. Sedangkan konsumsi sepatu di Indonesia tercatat 3,4 pasang per kapita per tahun.

Guntur Nugraha, Head Designer of PIERO Indonesia, menambahkan antusiasme anak muda terhadap sneakers tampak pada tingginya respon mereka terhadap Indonesia Footwear Creative Competition. Kompetisi ini diikuti oleh 399 desain, 308 desain di antaranya adalah footwear design.

“Banyak desain yang menarik dan unik dari karya mereka. Ini perlu didorong agar terus berkembang,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji