Ekspansi ke Surabaya; BP Gandeng AKR Operasikan SPBU

Ekspansi ke Surabaya; BP Gandeng AKR Operasikan SPBU

Ekspansi ke Surabaya; BP Gandeng AKR Operasikan SPBU

Bakal buka hingga 350 SPBU di Indonesia selama 10 tahun ke depan

Surabaya, Kabarindo- British Petroleum (BP) bersama mitra joint-venture (perusahaan patungan) AKR melakukan ekspansi ke Surabaya dengan mengoperasikan SPBU BP di Jl. Raya Gubeng pada Kamis (2/5/2019).

Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur AKR, mengatakan kemitraan tersebut bertujuan mengembangkan dan menawarkan pengalaman yang berbeda kepada konsumen dengan memanfaatkan kemampuan dan keahlian BP dan AKR di Indonesia.

SPBU BP akan dioperasikan oleh PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail), sebuah perusahaan baru yang didirikan oleh joint-venture dari BP dan AKR. BP-AKR juga sedang memperluas jaringan ritelnya melalui jalur dealer dan siap memberikan penawaran bagi mitra-mitra potensial.

Neale Smither, Vice President of New Markets BP Downstream, mengatakan Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan regional. BP terkenal di seluruh dunia karena menawarkan bahan bakar yang berkualitas tinggi dan pelumas Castrol.

“Kami senang dapat memberikan lebih banyak pilihan bahan bakar berkualitas dan pelayanan yang bagus kepada konsumen di Indonesia,” ujarnya.

SPBU tersebut menawarkan bahan bakar inovatif BP dengan teknologi ACTIVE. Dikembangkan dan diuji oleh para ilmuwan BP di laboratorium kelas dunia, semua kadar bahan bakar BP mengandung formula khusus untuk mengatasi kotoran serta dapat melindungi mesin dari penumpukan kotoran dan mempertahankan performa kendaraan.

Menyadari pentingnya kendaraan roda dua bagi konsumen Indonesia, BP melakukan program penelitian, pengembangan dan pengujian terbesarnya yang ditujukan secara khusus untuk sepeda motor. Setelah pengujian selama lebih dari 1.000 jam, BP menawarkan serangkaian bahan bakar berkualitas yang memberikan manfaat sama bagi sepeda motor maupun mobil.

Pembukaan SPBU di Surabaya tersebut mengukuhkan kehadiran BP di pasar bahan bakar Indonesia yang sedang tumbuh. Kerja sama ini akan membangun hingga 350 unit SPBU di Indonesia selama 10 tahun ke depan.

Haryanto mengatakan, saat ini terdapat 8 SPBU BP-AKR di Indonesia yaitu 7 SPBU di Jakarta dan satu SPBU di Surabaya. Rencananya akan dibangun 20-25 SPBU hingga akhir tahun ini. Komposisinya 60% di Jakarta dan 40% di Surabaya. Untuk itu, pihaknya membuka kesempatan kepada pengusaha dan pemilik tanah untuk menjadi mitra.

President Director BP AKR Fuels Ritel, Peter Molloy, menambahkan di Surabaya akan dibangun beberapa SPBU. Targetnya akan dibangun dua SPBU lagi dalam 6-7 bulan ke depan. Saat ini, ia sudah mendapatkan pendanaan untuk membangun 18 unit SPBU lagi yang telah ditetapkan lokasinya.

BP juga bermitra dengan sejumlah bisnis lokal terkenal seperti Alfamart, Castrol Bike Point yang dioperasikan oleh SiTepat dan Martabak Orins untuk menawarkan kenyamanan bagi konsumen. Selain itu, BP bergabung dengan Ponta, program loyalitas multi-mitra dimana konsumen dapat memperoleh dan menebus poin di berbagai outlet ritel. Konsumen dapat memperoleh 100 poin Ponta untuk setiap pembelian satu liter bahan bakar BP.

Penulis: Natalia Trijaji