Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Delapan Perupa C5 Bali; Gelar Pameran “#abstrAction” di House of Sampoerna

Delapan Perupa C5 Bali; Gelar Pameran “#abstrAction” di House of Sampoerna

Berita Utama | Minggu, 23 Juni 2019 | 15:45 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Delapan Perupa C5 Bali; Gelar Pameran “#abstrAction” di House of Sampoerna

Delapan Perupa C5 Bali; Gelar Pameran “#abstrAction” di House of Sampoerna

Berharap masyarakat Surabaya lebih memahami dan mencintai seni lukis abstrak

Surabaya, Kabarindo- Delapan perupa yang tergabung dalam komunitas C5 Bali (Critical, Communication, Collaboration, Cooperation & Creativity) menggelar pameran bertajuk “#abstrAction” di Galeri Paviliun House of Sampoerna selama 21 Juni-13 Juli 2019.

Mereka mempersembahkan sejumlah karya lukis abstrak kepada masyarakat Surabaya agar lebih memahami dan mencintai seni lukis abstrak.

#abstrAction menjadi bukti aksi serta usaha yang dilakukan oleh para perupa dalam menyorot persoalan sehari-hari masyarakat Bali. Hidup dalam tradisi yang kental ditengah-tengah pesatnya kehidupan modern sering kali harus menghadapi pertentangan. Keinginan untuk bisa berkembang dan berjalan beriringan menjadi fokus para perupa dalam melakukan abstraksi pada realita dan peristiwa yang terjadi.

Kedelapan perupa tersebut menonjolkan penggunaan cat akrilik pada karya mereka. Perpaduan berbagai warna yang cerah dan berani, serta teknik yang berbeda dari masing-masing seniman menjadikan kekuatan tersendiri. Seperti terlihat pada lukisan berjudul “Intuition” milik Wayan Arnata lulusan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Karya yang dibuat menggunakan cat akrilik dengan benang rajutan atau yang biasa disebut ngodi dalam Bahasa Bali ini bercerita tentang kuatnya keseharian tradisi, adat dan budaya Bali.

Lukisan Gusti Buda berjudul “Fractional Field” menjadikan problematika, baik dan buruk manusia dalam menjalani kehidupan sebagai inspirasi ceritanya. Sedangkan pada hampir semua karya Ketut Agus Mardika, mengangkat budaya dan pemandangan alam seperti pada “Golden Hill”. Lain halnya dengan Ketut Sugantika yang menciptakan komposisi karya simetris dan seimbang seperti konsep Mandala, sebuah pola desain atau simbol yang umumnya berbentuk lingkaran, berputar dari pusat dan terpancar makin besar keluar seperti nampak pada karyanya yang berjudul “Blue Volcano”. Selain karya karya empat seniman tersebut, pameran #abstrAction juga menyuguhkan karya Adi Wirawan, Made Galung Wiratmaja, Made Supena dan Nyoman Diwarupa yang tak kalah menarik untuk dinikmati.

Komunitas C5 saat ini beranggotakan seniman-seniman dari tiga kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta dan Bali. Kelompok yang kini berpameran merupakan para anggota C5 Bali yang lebih banyak berbicara tentang eratnya hubungan individu dalam dunia yang bergerak dan berkelindan (erat menjadi satu). Meski terpisah jarak, komunitas ini menjadi ruang belajar dan wadah untuk saling bekerja sama antar seniman lukis di Indonesia.

Kuatnya adat istiadat yang tumbuh, berkembang dan berjalan bersamaan dengan budaya modern merupakan spirit dualisme yang harus selalu dijaga. Kami ingin berbagi melalui seni lukis abstrak dan menambah wawasan pada penikmat seni di Surabaya. Dengan pameran ini, kami berharap bisa menjalin persahabatan yang lebih intens dengan rekan-rekan seniman C5 dari berbagai kota, dan tentunya karya yang kami sajikan bisa menginspirasi masyarakat untuk memahami dan mencintai seni lukis abstrak, tutur Ketut Sugantika, ketua pameran #abstrAction.

Manager House of Sampoerna, Rani Anggraini, berharap pameran ini dapat memperdalam pengetahuan tentang berbagai jenis karya seni. “Semoga pameran ini menjadi penyemangat khususnya bagi para seniman muda Surabaya agar lebih percaya diri untuk terus mengeksplorasi berbagai jenis gaya serta teknik hingga mampu menghasilkan karya yang menunjukkan jati diri,ujar Rani.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER