Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Coding Bee Academy; Siap Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020

Coding Bee Academy; Siap Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020

Iptek | Kamis, 27 Februari 2020 | 17:05 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Coding Bee Academy; Siap Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020

Coding Bee Academy; Siap Gelar K12 Computer Science Education Fair 2020

Ajang pendidikan untuk memajukan pembelajaran coding di Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Dalam rangka memperluas akses pembelajaran coding di Indonesia, Coding Bee Academy, sekolah coding khusus untuk anak berusia 5-17 tahun, siap menyelenggarakan acara K12 Computer Science Education Fair pada 6-8 Maret 2020 di Main Atrium Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

Event tersebut diselenggarakan bersama BPK Penabur Jakarta serta didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Code.org.

Eko Haripin, Co-Founder Coding Bee Academy, mengatakan tujuan event tersebut untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya ketrampilan coding bagi anak-anak, terutama bila mereka distimulasi dengan coding sejak usia dini. Karena itu, coder, khususnya programmer muda diajak untuk berpartisipasi dalam Code Olympiad, ajang kompetisi coding yang akan menampilkan kemampuan mereka dalam membuat aplikasi dan software dengan tema “Computer Science for Social Good” sebagai bentuk kepedulian anak bangsa terhadap kemajuan ekosistem digital Indonesia.

“Acara ini diadakan untuk memberikan pandangan baru bagi orang tua dan semua pihak yang ingin memajukan pendidikan Indonesia menuju kurikulum pendidikan 4.0. Coding akan menjadi game-changer dalam mendukung industri 4.0 di seluruh dunia. Akan terbuka banyak peluang dan kesempatan baru dalam bisnis maupun dunia kerja,” ujrnya.

Eko berharap, para orang tua dapat menjadikan pendidikan coding sebagai investasi bagi anak-anak mereka, agar kelak menjadi pencipta teknologi guna mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia.

Tidak hanya menampilkan hasil karya dari para coder muda, K12 Computer Science Education Fair 2020 juga mengundang masyarakat dan para profesional di bidang pendidikan untuk berpartisipasi dalam Smart Talk Show dengan tema “Coding for Future Kids” yang akan berlangsung pada 6 Maret 2020 di Skenoo Hall, Emporium Pluit Mall.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Harris Iskandar, akan menjadi pembicara untuk menyampaikan pentingnya pembelajaran coding pada usia dini.

Begitu juga dengan 2 perwakilan dari Code.org, Leonardo Ortiz Villacorta dan Jake Bell, yang akan memaparkan mengenai pendidikan coding di dunia. Code.org merupakan organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memperkenalkan kurikulum computer science kepada anak-anak sejak usia dini.

Antono Yumono, Ketua BPK PENABUR Jakarta, dan Elika Dwi Murwani, Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakart, turut ambil bagian dalam memberikan pendapat sebagai praktisi pendidikan yang menaungi 80 sekolah di Jabodetabek terhadap penerapan pembelajaran coding di sekolah.

Hadir pula Jevier Justin, presenter Indonesia dan seorang ayah yang peduli dengan pendidikan anak-anaknya. Ia akan memberikan tanggapan mengenai ekspektasi orang tua masa kini terkait pembelajaran coding yang mengedepankan computational thinking.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER