Ciptakan Suasana Nyaman; dalam Kegiatan Belajar Anak di Rumah

Ciptakan Suasana Nyaman; dalam Kegiatan Belajar Anak di Rumah

Ciptakan Suasana Nyaman; dalam Kegiatan Belajar Anak di Rumah

Agar anak-anak tidak jenuh dan tetap semangat

Surabaya, Kabarindo- Baca Berita (BaBe), platform distribusi berita dan konten, turut merayakan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2020 dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan informatif kepada para penggunanya, terutama untuk orang tua.

Melalui program bincang “BaBe 1 on 1”, BaBe berdiskusi dengan para psikolog dari Rumah Konsultasi Tiga Generasi mengenai kunci keberhasilan pendidikan di rumah, terutama di tengah kebijakan pembelajaran jarak jauh yang ditetapkan oleh pemerintah pada masa new normal.

Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini dilakukan di tengah tatanan normal baru yang mengharuskan para orang tua, keluarga dan sekolah menyesuaikan cara pengasuhan dengan kondisi saat ini. Pemerintah pun memaknai perayaan HAN kali ini dengan upaya agar tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal pada masa pandemi, serta mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan terhadap 79,55 juta anak Indonesia.

Saskhya Aulia Prima, psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi, mengatakan hal terpenting dalam kegiatan pembelajaran di rumah adalah menciptakan suasana yang nyaman agar anak-anak tidak jenuh dan bisa tetap semangat dalam melakukan kegiatan belajar.

“Komunikasi yang lancar antara sekolah dan orangtua, terutama mengenai materi pembelajaran dan tantangan yang mungkin dihadapi orang tua saat di rumah, juga menjadi kunci keberhasilan proses belajar di rumah untuk anak-anak,” ujarnya.

Saskhya memberikan tips agar orang tua menerapkan rutinitas meskipun di rumah saja. Rutinitas yang dapat diprediksi dan dilakukan secara terus-menerus, mampu memberikan perasaan yang aman, tenang dan nyaman di tengah kondisi yang sedang tidak menentu ini.

“Orang tua perlu ingat, kita bukan menghadapi anak kecil, tapi orang dewasa yang masih kecil, sehingga perlu mempersiapkan rumah sebagai wadah yang mampu membantu mereka menghadapi tantangan pada masa depan,” ujarnya.

Acara Bincang tersebut juga mengangkat pentingnya menumbuhkan minat dan bakat anak oleh orang tua. Farraas Afiefah Muhdiar, psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi, mengatakan perlunya mengeksplor minat yang merupakan ketertarikan anak pada suatu kegiatan sejak dini. Sebaiknya untuk anak-anak pada usia dini, fokusnya tidak hanya pada satu minat saja.

“Minat dan bakat pada kegiatan seni dan olahraga berpengaruh pada faktor kognitif anak atau kecerdasannya. Karena itu, saat sedang pembelajaran di rumah menjadi momen yang tepat untuk mengeksplorasi minat anak melalui bermacam kegiatan,” kata Farraas.

BaBe juga mengadakan sejumlah program lain seperti kumpulan konten tips parenting dan tumbuh kembang anak yang tepat manfaat dan dapat diakses melalui tagar khusus #HariAnakNasional2020 pada aplikasi BaBe. Selain itu, BaBe bersama aplikasi TikTok mengadakan kampanye digital dengan tema #AngankuDahulu dan berkesempatan memenangkan hadiah total jutaan rupiah. Pengguna dapat menikmati konten yang edukatif, informatif serta menghibur dengan berpartisipasi dalam kampanye tersebut.

Shelly Tantri, Senior Business Development Manager BaBe, berharap dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan akurat kepada pengguna, terutama para orang tua, yang menghadapi tantangan tersendiri selama pembelajaran jarak jauh.

“Kami ingin membantu pemerintah untuk mewujudkan tumbuh kembang anak yang tetap optimal pada masa pandemi dan tatanan normal baru,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji