AMD Umumkan Prosesor Mobile Terbaik di Dunia; dalam Keynote CES 2021

AMD Umumkan Prosesor Mobile Terbaik di Dunia; dalam Keynote CES 2021

 

AMD Umumkan Prosesor Mobile Terbaik di Dunia; dalam Keynote CES 2021

Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO dirancang untuk tuntutan beban kerja profesional

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan portofolio lengkap prosesor mobile Ryzen 5000 Series dalam CES 2021 di Santa Clara, California, AS, yang menghadirkan arsitektur core Zen 3 yang sangat efisien dan bertenaga ke pasar laptop.

Prosesor Mobile Ryzen 5000 Series baru memberikan tingkat performa yang belum pernah ada serta daya tahan baterai yang luar biasa untuk gamers, kreator dan profesional. Laptop baru yang didukung oleh prosesor Mobile Ryzen 5000 Series akan tersedia dari produsen PC termasuk ASUS, HP dan Lenovo mulai Q1/2021.

Memperluas kepemimpinan portofolio produk komputasi yang menampilkan core Zen 3, AMD juga mengumumkan prosesor mobile Ryzen PRO 5000 Series, yang menghadirkan keamanan tingkat tinggi untuk enterprise dan pengelolaan yang sangat responsif bagi pengguna komersial. Sepanjang 2021, AMD mengharapkan portofolio yang luas dari lebih dari 150 notebook konsumen dan komersial bertenaga prosesor mobile Ryzen 5000 Series.

“Karena PC menjadi bagian yang lebih penting dari bagaimana kami bekerja, bermain dan terhubung, pengguna membutuhkan performa, keamanan dan konektivitas yang lebih tinggi,” kata Saeid Moshkelani, Senior Vice President and General Manager, Client Business Unit, AMD.

Ia menambahkan, prosesor desktop dan mobile Ryzen 5000 Series baru menghadirkan inovasi terbaik yang ditawarkan AMD kepada konsumen dan profesional seiring dengan komitmen AMD untuk menghadirkan pengalaman terbaik di kelasnya dengan performa yang cepat, daya tahan baterai yang luar biasa serta desain yang fantastis. Bersama mitra PC, AMD memberikan performa berkualitas tinggi dan solusi tanpa kompromi bersamaan dengan pertumbuhan AMD yang memecahkan rekor untuk notebook dan desktop pada tahun sebelumnya.

Dibangun di atas prosesor mobile terdepan generasi sebelumnya, Ryzen 5000 Series mencakup prosesor Seri H dan ultra-mobile U-Series dengan performa tinggi. Prosesor mobile Ryzen 5000 H-Series menghadirkan pengalaman bermain game yang mengesankan dengan menggabungkan performa tak tertandingi dan ketahanan baterai yang luar biasa, menampilkan hingga 8 core dan 16 thread yang dibangun di atas arsitektur AMD Zen 3 yang baru.

Melengkapi generasi prosesor mobile, prosesor Seri HX memberikan performa tingkat elit bagi gamers dan kreator, sementara prosesor HS menghadirkan daya Seri-H dalam form factor yang lebih tipis dan ringan. Prosesor Ryzen 9 5980HX yang baru mampu meningkatkan performa single-threaded hingga 23% dan performa multi-threaded hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, menjadikannya solusi ideal untuk notebook gaming dan pro kreator.

Untuk konsumen mainstream yang mencari performa saat bepergian dan dimana saja, prosesor mobile Ryzen 5000 U-Series menawarkan perpaduan sempurna antara performa dan efisiensi daya yang cukup optimal, memberikan daya tahan baterai yang luar biasa untuk laptop tipis dan ringan.

Prosesor Ryzen 7 5800U yang baru menawarkan performa single-threaded hingga 16% lebih baik dan performa multithread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Juga daya tahan baterai hingga 17,5 jam yang luar biasa dan pemutaran film hingga 21 jam dengan sekali pengisian daya.

Tersedia pada pertengahan pertama tahun 2021, prosesor mobile Ryzen PRO Seri 5000 memberikan tingkat produktivitas dan kolaborasi baru bersama dengan pengelolaan yang lancar untuk memenuhi tuntutan lingkungan kerja modern yang selalu berubah. Prosesor mobile Ryzen PRO 5000 Series juga menawarkan fitur keamanan tingkat enterprise dengan lapisan ketahanan inovatif di tingkat silikon, OS dan platform. Hal ini memberi keyakinan kepada tim TI bahwa PC mereka memiliki perlindungan, di mana pun tenaga kerja mereka ditempatkan.

AMD juga mengumumkan prosesor desktop alternatif dari Ryzen 9 5900X dan Ryzen 7 5800X, kini hadir untuk sistem OEM pre-built dengan TDP yang lebih rendah. Didukung oleh arsitektur core Zen 3 baru dan dengan TDP 65W yang lebih rendah, prosesor desktop Ryzen 9 5900 menawarkan rata-rata game 1080p 24% lebih cepat di seluruh judul tertentu dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Prosesor Ryzen Threadripper PRO diharapkan tersedia pada Maret 2021 bagi konsumen melalui retail global, e-tailer dan integrator sistem yang berpartisipasi. Prosesor Ryzen Threadripper PRO menawarkan serangkaian fitur yang tak tertandingi untuk pelanggan workstation hingga 64 core, 8 saluran memori, dukungan RDIMM dan LRDIMM, 128 jalur PCIe Gen 4 dan teknologi keamanan AMD PRO.

Eric Chen, Corporate Senior Vice President ASUS, mengatakan seiring dunia terus merangkul gaya hidup jarak jauh yang fleksibel, ASUS berinovasi untuk menghadirkan produk yang dibutuhkan konsumen agar tetap terhubung dimana pun mereka bermain game, streaming atau bekerja.

“ASUS senang untuk terus bekerja dengan AMD dalam menghadirkan inovasi mutakhir untuk meningkatkan standar performa gaming bagi pengguna mobile dan gaming di mana pun, ujarnya.

Andy Rhodes, Global Head of Commercial Personal Systems, HP Inc., mengatakan saat ini karyawan dan tim TI terus beradaptasi dengan cara baru berkolaborasi dan berkreasi di rumah, kantor atau lokasi terpencil lainnya. Pihaknya bangga berkolaborasi dengan AMD untuk menawarkan PC bisnis yang kuat dan sangat aman untuk membantu orang tetap terhubung, terlibat dan produktif di manapun mereka berada.

Dilip Bhatia, Chief Customer Experience Officer Lenovo, menambahkan pihaknya mendengarkan umpan balik pelanggan untuk mendapatkan wawasan pengguna tentang inovasi. Yang dibutuhkan adalah performa terbaik untuk membantu mendorong lebih banyak kolaborasi waktu real-time.

Dengan bermitra bersama AMD, kami memenuhi hal tersebut untuk memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Mulai dari bisnis kecil yang bekerja bersama pada laptop ThinkBook 14p Gen 2 dan ThinkBook 16p Gen 2 baru, hingga gamer kompetitif yang timnya bermain untuk menang di laptop Lenovo Legion baru yang kuat musim ini, tetap produktif dan terhibur dengan prosesor mobile Ryzen terbaru. Teknologi ini sangat penting bagi mereka yang berkembang dalam gaya hidup perpaduan bekerja dan bermain dari rumah,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji