Pilih Mana; Obat Atau Suplemen Kesehatan

Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Mengonsumsi suplemen kesehatan secara teratur dapat mencegah penyakit degeneratif

Surabaya, Kabarindo- Banyak orang yang ingin hidup sehat, namun tidak menjalani pola hidup sehat alias enggan menjaga kesehatan.

Gaya hidup tidak sehat diantaranya merokok, minuman beralkohol, nutrisi tidak seimbang (tinggi lemak, garam, gula, kalori dan miskin nutrisi), makanan instan yang tinggi kandungan BTP (bahan tambahan pangan) seperti pewarna makanan, pengawet, pemanis buatan. Juga stres, kurang istirahat, lingkungan yang tercemar polusi, paparan bahan kimia misalnya obat-obatan tanpa petunjuk dokter, kontaminasi kuman dan bakteri. Kurangnya aktivitas fisik juga menyebabkan peningkatan resiko penyakit degeneratif.

Gaya hidup tidak sehat tersebut memicu meningkatnya jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul dengan elektron tidak berpasangan. Dalam pencarian untuk menemukan elektron lain, mereka sangat reaktif dan menyebabkan kerusakan pada molekul sekitarnya.

Radikal bebas bisa meningkatkan level stres oksidatif yaitu jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan lebih banyak. Tingkat stress oksidatif yang tinggi bisa menimbulkan gejala-gejala Sindrom Metabolik seperti peningkatan tekanan darah, gula darah yang tinggi, kelebihan lemak dalam tubuh di sekitar pinggang dan peningkatan kadar kolesterol yang tidak biasa. Kondisi-kondisi ini terjadi bersamaan, sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti jantung, stroke dan diabetes.

Dr. Rudyn Reymond Panjaitan, M.Ked(KK), SpKK, dalam seminar kesehatan CNI mengatakan, beberapa cara untuk mengatasi peningkatan radikal bebas adalah dengan menjalani gaya hidup sehat seperti  pola makan sehat, hindari alkohol dan rokok, menjaga berat badan, olahraga teratur, manajemen stres, istirahat cukup serta mengonsumsi pangan sumber antioksidan seperti vitamin A, C dan E.

“Namun dengan mengubah gaya hidup sehat saja, tubuh belum mampu menetralisir radikal bebas yang sudah terlanjur masuk. Karena itu perlu mengonsumsi suplemen kesehatan secara teratur untuk mencegah penyakit degeneratif,” ujar dr. Rudyn.

Penyakit degeneratif tidak bisa diobati sendiri, melainkan dengan pengobatan yang dibarengi perubahan gaya hidup sehat dan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Obat dan suplemen merupakan dua produk yang berbeda dan manfaatnya berbeda pula. Suplemen makanan adalah produk yang mengandung satu atau kombinasi bahan yang digunakan untuk meningkatkan angka kecupukan gizi (AKG) yaitu vitamin, mineral, tumbuhan atau bahan yang berasal dari tumbuhan serta asam amino. Suplemen makanan bisa berbentuk tablet, tablet hisap, serbuk, kapsul dan produk cair berupa sirup atau larutan.

Suplemen makanan bukanlah obat, sekalipun dikemas dalam bentuk sediaan obat seperti tablet dan kapsul. Produk suplemen makanan juga mempunyai manfaat kesehatan, karena itu dapat mencantumkan klaim kesehatan di labelnya.

Beberapa produk CNI termasuk dalam kategori suplemen kesehatan yang bermanfaat untuk investasi kesehatan jangka panjang. Suplemen kesehatan CNI bukanlah obat, melainkan zat gizi penting dalam bentuk konsentrat yang membantu proses penyembuhan penyakit. Suplemen kesehatan CNI juga dapat digunakan sebagai pendamping pengobatan.

CNI memiliki 5 suplemen kesehatan untuk menangkal kelebihan radikal bebas dalam tubuh dan baik dikonsumsi untuk pendamping pengobatan, yaitu Sun Chlorella A dan Sun Wakasa/Wakasa Gold sebagai antioksidan yang membantu regenerasi sel dan membantu detoksifikasi. Ada pula CNI Ester-C Plus sebagai antioksidan, membantu elastisitas pembuluh darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. CNI Omega-3 with Ester-E untuk meningkatkan HDL, menurunkan LDL dan Trigliserida, mengurangi resiko pembekuan darah dan memiliki efek antiradang. BioPlus berfungsi menjaga flora normal usus, membantu detoksifikasi, meningkatkan imunitas dan mengatur jumlah air serta elektrolit dalam usus. Sedangkan Well 3 Royalzim membantu penyerapan zat gizi, sebagai anti peradangan, melancarkan aliran darah dan membantu regenerasi sel. Siapapun dapat mengonsumsinya mulai dari anak-anak hingga dewasa, namun disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing.
 
“Gabungan antara gaya hidup sehat dan suplemen kesehatan merupakan investasi kesehatan jangka panjang. Manfaatnya bisa dirasakan bertahun-tahun kemudian, saat kita menjenguk saudara atau rekan seumur yang sakit, akibat gaya hidup yang salah selama bertahun-tahun,” ujar dr Rudyn.




Berita Lainnya
MD Magic Scaraway; Atasi Bercak Kehitaman & Scar Bekas Jerawat

Surabaya, Kabarindo- Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat, yang ringan ataupun yang berat, terutama pada usia remaja yang mengalami perubahan hormonal.

Jerawat bisa hilang setelah


Crown Group Garap Proyek; Senilai Rp 50 Triliun

Surabaya, Kabarindo- Nilai total proyek yang sedang dan akan digarap perusahaan properti Australia, Crown Group, mencapai puluhan triliun. Hal ini diungkapkan Bagus Sukmana, GM Strategic & Corporate


Terapkan Internet of Things; Banyak Perusahaan Di Asia Pasifik Capai Kemajuan Bisnis

Surabaya, Kabarindo- Internet of Things (IoT) telah lama diidamkan sebagai pondasi untuk berbagai terobosan dalam artificial intelligence (AI), robotik dan kemajuan lainnya.

Para eksekutif dituntut untuk


Indonesia Sambut Lenovo Miix 630; Awesome !

Jakarta, Kabarindo- Dalam rangkaian acara CES® 2018 tahun ini, Lenovo memperkenalkan hasil kerjasamanya dengan Qualcomm® and Microsoft® untuk mempersembahkan komputasi mobile kepada pelanggan dalam cara baru.