Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > XL Axiata Gandeng Kementerian Perhubungan; Sediakan Informasi Mudik Format Digital

XL Axiata Gandeng Kementerian Perhubungan; Sediakan Informasi Mudik Format Digital

Hukum & Politik | Kamis, 14 Juni 2018 | 09:51 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata Gandeng Kementerian Perhubungan; Sediakan Informasi Mudik Format Digital

XL Axiata Gandeng Kementerian Perhubungan; Sediakan Informasi Mudik Format Digital

Masyarakat lebih banyak mencari informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat - Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lain, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Marga dan Korlantas Polri melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi seputar mudik.

Ide kerja sama ini berangkat dari fakta bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital atau internet.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D.Yosetya, mengatakan pihaknya menyambut baik upaya pemerintah untuk memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan informasi kepada publik mengenai barbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik.

“Semakin banyak masyarakat yang menggunakan sarana digital untuk mengakses informasi. Pesan dalam format digital juga lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya, informasi seputar mudik masih dalam bentuk hardcopy atau kertas tercetak. Termasuk peta mudik yang selalu dibagikan kepada masyarakat. Namun sekarang format seperti itu kurang efektif, karena rentan hilang atau rusak serta butuh biaya besar untuk mencetaknya. Pemerintah membutuhkan dukungan digital untuk menyebarkan informasi seputar mudik dengan cakupan informasi lebih luas, bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Ia menambahkan, informasi dalam bentuk digital bisa diakses melalui smartphone sehingga lebih mudah dipahami masyarakat pada umumnya. Apalagi, tidak semua orang merasa nyaman dan mahir membaca informasi di peta mudik.

Informasi seputar mudik meliputi informasi mengenai call center dan nomor telp darurat yang bisa dihubungi terkait kebutuhan mudik, daftar tarif jalan tol Jawa, daerah rawan kecelakaan, posko kesehatan dan rest area yang disediakan Kemenhub. Juga ada informasi mengenai persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik, seputar kesehatan sebelum dan selama mudik, imbauan menyiapkan e-money atau uang elektronik hingga informasi mengenai obyek wisata di sepanjang jalur mudik.

Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik melalui sejumlah layanan digital antara lain SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan. Dengan demikian informasinya lebih efektif. Informasi mudik juga bisa diakses melalui website www.sisternet.co.id yang menjadi saluran komunitas perempuan binaan program Sisternet XL Axiata. Selain itu, bisa diakses melalui saluran MyXL.

XL Axiata juga bekerja sama dengan kepolisian dan instansi terkait di sejumlah daerah yang dilintasi arus utama mudik di Jawa. Salah satunya kerja sama dengan Polres Indramayu, Jawa Barat, dalam menyediakan papan-papan dan baliho penunjuk arah. Hal ini mengingat wilayah Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah yang dilintasi jalur utama mudik via Pantai Utara Jawa. Apalagi banyak jalur alternatif di wilayah ini yang bisa dilalui oleh pemudik jika jalur utama Pantura mengalami kepadatan atau bahkan macet.

Sebanyak 44 papan penunjuk arah dan beberapa baliho besar telah dipasang di sepanjang jalur Pantura yang menjangkau 17 kecamatan, mulai dari perbatasan Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu sampai perbatasan Kabupaten Cirebon. Juga terpasang di jalan menuju Bandara Kertajati dari Kabupaten Indramayu dan arah tol Cipali dari Kabupaten Indramayu.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER