Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Xi Jinping Resmi Jadi Presiden China Ketiga Kalinya

Xi Jinping Resmi Jadi Presiden China Ketiga Kalinya

Internasional | Jumat, 10 Maret 2023 | 19:19 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Xi Jinping Resmi Jadi Presiden China Ketiga Kalinya

KABARINDO, BEIJING - Xi Jinping resmi menjadi Presiden China untuk ketiga kalinya secara berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Jumat (10/3/2023). Ini sekaligus menjadikannya sebagai pemimpin paling kuat di negara itu dalam beberapa generasi.

Hampir 3.000 anggota parlemen China, Kongres Rakyat Nasional (NPC), memilih dengan suara bulat di Aula Besar Rakyat untuk Xi menjadi presiden dalam pemilihan di mana tidak ada kandidat lain.

Xi, 69, juga menerima suara bulat untuk masa jabatan ketiga sebagai ketua Komisi Militer Pusat.

Zhao Leji, 66, terpilih sebagai ketua parlemen yang baru dan Han Zheng, 68, sebagai wakil presiden yang baru. Keduanya berasal dari tim pemimpin partai Xi sebelumnya di Komite Tetap Politbiro.

Dikutip Channel News Asia (CNA), Xi terpilih kembali setelah perubahan konstitusi pada 2018 yang menghapus batas masa jabatan.

Pemungutan suara pada Jumat (10/3/2023) sebagian besar bersifat seremonial karena Xi telah mengunci masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai kepala Partai Komunis China pada kongres partai besar Oktober lalu, menyegel posisinya sebagai penguasa paling kuat di China sejak Mao Zedong.

Perubahan kepemimpinan negara terjadi setiap lima tahun dan biasanya sangat mirip dengan perombakan yang diumumkan di kongres partai.

Selama dua hari ke depan, pejabat yang disetujui oleh Xi akan ditunjuk atau dipilih untuk mengisi posisi teratas di kabinet, termasuk Li Qiang yang sedang menunggu perdana menteri, yang diperkirakan akan diangkat ke pos No. 2 China, menempatkannya sebagai penanggung jawab. mengelola ekonomi terbesar kedua di dunia.

Xi mengobrol santai dengan Li, yang duduk di sebelah kirinya, saat para delegasi memasukkan slip suara ke dalam kotak suara elektronik.

Pemilihan pemimpin negara bagian oleh parlemen dilakukan tiga bulan setelah kebijakan keras Covid-19 dicabut dan gelombang baru infeksi yang disebabkan oleh strain Omicron yang sangat menular menyebar ke seluruh negeri. Kecuali puluhan pemimpin puncak, semua delegasi dan staf lainnya mengenakan topeng.

Menurut rencana, Xi akan berpidato pada Senin (13/3/2023) sebelum sesi parlemen tahunan ditutup, karena China menghadapi berbagai tantangan termasuk ekonomi yang tertatih-tatih oleh pembatasan Covid-19 selama tiga tahun dan hubungan yang memburuk dengan Barat.

Awal pekan ini, Xi menyalahkan Amerika Serikat (AS) dan Barat atas kesulitan yang dihadapi ekonomi China.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER