Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Wilayah Asia Tertinggi dalam Jumlah Akun Pelanggar Hak Kekayaan Intelektual

Wilayah Asia Tertinggi dalam Jumlah Akun Pelanggar Hak Kekayaan Intelektual

Iptek | Sabtu, 6 Mei 2023 | 22:01 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Wilayah Asia Tertinggi dalam Jumlah Akun Pelanggar Hak Kekayaan Intelektual

Wilayah Asia Tertinggi dalam Jumlah Akun Pelanggar Hak Kekayaan Intelektual

Laporan transparansi SnackVideo untuk semester II/2022

Surabaya, Kabarindo- Sebagai bagian dari rutinitas yang dilakukan dua kali dalam setahun, SnackVideo menerbitkan Laporan Transparansi untuk semester II/2022 yang berlangsung pada periode 1 Juli - 31 Desember 2022.

SnackVideo merupakan platform media sosial berbagi video pendek yang merupakan bagian dari Kuaishou International Business (KSIB) untuk melayani pengguna dari wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. KSIB menjunjung tinggi komitmen berkelanjutan untuk menyediakan konten yang menyenangkan, beragam dan otentik bagi komunitas globalnya.

Laporan Transparansi ini diterbitkan oleh SnackVideo sebagai perwujudan dari komitmen untuk mempromosikan lingkungan yang aman dan sehat tempat para penggunanya dilindungi dan hak-haknya dihormati. Dalam hal hak kekayaan intelektual, pada laporan transparansi ini diketahui bahwa kawasan Asia (tidak termasuk Tiongkok) memiliki jumlah terbanyak untuk akun yang melakukan pelanggaran hak cipta dibandingkan dengan kawasan Amerika Latin dan Timur Tengah.

SnackVideo melalui Pedoman Komunitas dan Ketentuan Layanannya, melarang konten yang melanggar kekayaan intelektual pihak ketiga. Pemegang hak ini dapat mengirimkan laporan yang mengidentifikasi konten yang melanggar hak cipta mereka. Jika laporan lengkap dan valid, maka SnackVideo akan segera bertindak untuk menghapus konten yang melanggar.

Selama paruh kedua tahun 2022 (1 Juli - 31 Desember), SnackVideo menerima 466 laporan pelanggaran IP dan menindaklanjutinya secara keseluruhan. Untuk wilayah Asia (tidak termasuk Tiongkok) terdapat 222 laporan menyusul Amerika Latin sebanyak 204 laporan dan Timur Tengah 40 laporan.

Dalam hal Penegakkan Pedoman Komunitas, selama paruh kedua 2022, SnackVideo telah menghapus sebanyak 7.525.300 video, karena melanggar Pedoman Komunitas dan Persyaratan Layanan. Langkah ini didasarkan pada alasan kebijakan berupa individu dan organisasi berbahaya, pelecehan dan penindasan, perilaku kebencian, aktivitas ilegal dan barang yang diatur, integritas dan keaslian, berbahaya bagi anak di bawah umur, ketelanjangan dan aktivitas seksual, bunuh diri, melukai diri-sendiri dan konten berbahaya serta kekerasan dan konten grafis. Tiga besar kebijakan yang dilanggar yang menyebabkan penghapusan video adalah kebijakan nomor 6, 7 dan 4.

Selain penghapusan konten video, sebagai perwujudan Penegakkan Pedoman Komunitas, SnackVideo juga telah menghapus akun, mengoptimalkan fitur laporan dan memperbarui fitur banding, serta menanggapi permintaan resmi dari badan penegak hukum yang berkaitan dengan pembatasan konten dan data pengguna.

Untuk semester II/2022, Laporan Transparansi juga menyampaikan upaya KSIB dalam Menjaga Keamanan Komunitas, terutama yang berkaitan dengan pemilu Presiden Brasil yang berlangsung sepanjang Oktober 2022, serta Penegakan Pedoman Komunitas di wilayah KSIB beroperasi, yaitu di Amerika Latin, Asia Selatan dan Asia Tenggara serta Timur Tengah dan Afrika Utara.

Untuk wilayah Amerika Latin, SnackVideo lewat platform Kwai ikut menjaga integritas Pemilu Presiden Brasil pada 2022 lalu, bekerja sama dengan Pengadilan Tinggi Pemilu (Tribunal Superior Eleitoral, TSE) di Brasil. Strateginya berfokus pada mengurangi penyebaran informasi yang salah dan konten berbahaya lainnya secara proaktif, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan memberikan informasi terpercaya tentang pemilu tersebut.

Laporan Transparansi diterbitkan oleh SnackVideo dua kali dalam setahun sebagai cara untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebijakan-kebijakannya, berbagai tindakan yang diambil terhadap konten yang melanggar Pedoman Komunitas dan Persyaratan Layanan, serta tentang pendekatan SnackVideo terhadap kebebasan berekspresi, perlindungan privasi dan keamanan pengguna.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER