Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Wapres RI KH. Ma'ruf Amin Ziarah Ke Makam Syekh Ibnu Athaillah di Kairo

Wapres RI KH. Ma'ruf Amin Ziarah Ke Makam Syekh Ibnu Athaillah di Kairo

Berita Utama | Minggu, 6 November 2022 | 05:25 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Wapres RI KH. Ma'ruf Amin Ziarah Ke Makam Syekh  Ibnu Athaillah di Kairo

KABARINDO, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyempatkan diri melakukan ziarah ke Makam Syekh Ibnu Athaillah, penulis kitab Al Hikam yang cukup masyhur di kalangan ulama dan santri di tengah agenda kegiatan di Kairo, Mesir, Sabtu (5/11/2022).

Sebagaimana diketahui, pada banyak kesempatan Wapres sering menukil pendapat Ibnu Athaillah. Salah satunya saat memberikan arahan pada Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-47 di Hotel Sultan Jakarta pada Selasa (26/7/2022) lalu.

“Wapres mengutip pendapat Ibnu Athaillah bahwa segala perbedaan atau kebhinekaan di dunia ini tidak perlu menjadi kekhawatiran, tetapi yang perlu dikhawatirkan adalah dorongan hawa nafsu yang tidak terkendali,” tulis keterangan yang diterima dari Biro Pers Media dan Informasi Setwapres.

Adapun relevansinya dengan kehidupan berbangsa adalah tidak boleh ada ego kelompok yang dapat merusak persatuan.

Diketahui, Ibnu Athaillah tergolong ulama yang produktif. Tak kurang dari 20 karya tulis yang telah dihasilkannya, mencakup bidang tasawuf, tafsir, hadits, akidah, nahwu, dan usul fikih.

Beberapa di antaranya adalah Kitab Al-Hikam (Kebijaksanaan), Al-Lathai’f Manaqib Abil al-Abbas al-Mursi wa Syekh Abi al-Hasan (Berkah dalam Kehidupan Abu Abbas al-Mursi dan Gurunya Abu Hasan), Miftah al-Falah wa Mishbah al-Arwah (Kunci Kesuksesan dan Penerang Spritual), At-Tanwir fi Isqath at-Tadbir (Eksposisi Pendekatan Tarekat Syadziliah), Taj al-Arus (Cara-cara Pembersihan Jiwa), serta Kitab al-Qaul al-Mujarrad fi al-Ismi al-Mufrad.

Kitab Al-Hikam adalah buku yang sangat populer di dunia Islam selama berabad-abad, hingga saat ini. Buku ini juga menjadi bacaan utama di hampir seluruh pesantren di Nusantara.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER