Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Upaya Penguatan Stimulasi Anak Usia Satu Tahun ke Atas Melalui Peremajaan Rumah Pintar Juanda Cendekia

Upaya Penguatan Stimulasi Anak Usia Satu Tahun ke Atas Melalui Peremajaan Rumah Pintar Juanda Cendekia

Gaya hidup | Rabu, 2 Agustus 2023 | 20:41 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Upaya Penguatan Stimulasi Anak Usia Satu Tahun ke Atas Melalui Peremajaan Rumah Pintar Juanda Cendekia

Upaya Penguatan Stimulasi Anak Usia Satu Tahun ke Atas Melalui Peremajaan Rumah Pintar Juanda Cendekia

Surabaya, Kabarindo- Nestlé DANCOW Imunutri mewujudkan peremajaan ruang publik terbuka ramah anak di Sidoarjo, Banjarmasin, Tebing Tinggi, Jakarta dan Makassar sebagai bagian dari Dua Juta Dukungan Bunda pada kampanye Gerakan #AkuDanKauSukaDancow.

Di Sidoarjo, Jawa Timur, peremajaan telah dilakukan di Rumah Pintar Juanda Cendekia, meliputi penambahan wahana bermain dan pengecatan ulang fasilitas. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong orang tua untuk mengoptimalkan stimulasi dan eksplorasi potensi terbaik anak usia satu tahun ke atas.

Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia, mengatakan pihaknya memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu dengan memanfaatkan potensi makanan saat ini maupun untuk generasi mendatang. Ia memahami pentingnya stimulasi optimal dan eksplorasi, terutama bagi anak berusia satu tahun ke atas.

Hal ini berupaya diwujudkan melalui kampanye Gerakan #AkuDanKauSukaDANCOW dengan menghadirkan peremajaan fasilitas ruang publik terpadu ramah anak, salah satunya di Rumah Pintar Juanda Cendekia, yang dapat dimanfaatkan masyarakat setempat untuk stimulasi buah hati,” ujarnya pada Rabu (2/8/2023).

Orissa Anggita Rinjani, psikolog anak & Co-Founder Rumah Dandelion, menjelaskan bahwa mengajak anak bermain di luar ruangan dapat memicu rasa ingin tahu, menarik minat belajar anak serta pengalaman sensori yang kaya, sehingga memperkuat pengembangan atas kesadaran spasial dan kemampuan kognitif anak.

“Bermain di luar turut mendorong anak bergerak lebih aktif untuk meningkatkan keterampilan motorik yang berpengaruh positif terhadap fungsi kognitif seperti perhatian dan memori serta fungsi eksekutif otak. Faktor risiko saat bermain di ruangan terbuka juga ternyata mampu mendukung peningkatan kesadaran diri, ketekunan dan pemecahan masalah pada anak-anak, ujarnya.

Orissa menambahkan, diperlukan ketekunan orang tua untuk bertahap memberikan stimulasi yang mengarahkan anak untuk belajar mandiri, sekaligus mengasah kemampuan kognitifnya, di antaranya:

-Melalui berbagai fasilitas tersedia, anak bisa lebih didorong untuk bereksplorasi menjelajahi lingkungan sekitar sebagai upaya meningkatkan daya imajinasi mereka. Ruang publik terbuka yang aman dan ramah anak memberi kesempatan bagi buah hati untuk bebas bermain sensori secara rutin menggunakan fasilitas yang tersedia, guna mengembangkan kematangan sensori anak.

- Belajar sambil bermain di luar ruang memberi anak lebih banyak kebebasan untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Karena itu, sediakan waktu untuk anak bebas bermain tanpa instruksi untuk mengasah kreativitas.

- Untuk menumbuhkan ketekunan, buah hati bisa diajak mendengarkan dongeng-dongeng hingga mengikuti berbagi program menarik di ruang bermain terbuka. Siapkan tantangan atau teka-teki yang menuntut keterampilan anak memecahkan masalah.

- Bermain di luar ruang adalah kesempatan anak memanfaatkan fasilitas untuk belajar berinteraksi dengan orang-orang, selain keluarganya di rumah. Ajak anak berdiskusi dan refleksi tentang aktivitas yang telah dilakukan saat bermain di luar ruang untuk membangun kesadaran dirinya.

Prasasti Dhaniswari, Senior Brand Manager Nestlé DANCOW Imunutri, mengatakan melalui perwujudan Dua Juta Dukungan dari kampanye tersebut, pihaknya berusaha menekankan pentingnya stimulasi yang tepat, disertai asupan gizi dan cinta kasih orang tua bagi pengembangan potensi anak.

“Kegiatan peremajaan fasilitas ini diharapkan dapat memaksimalkan fungsi Rumah Pintar Juanda Cendekia, dan menjadi contoh bagi ruang terbuka lainnya di Jawa Timur untuk mendorong potensi anak-anak usia satu tahun ke atas, ujarnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER