Truecaller; Luncurkan Kampanye #KnowYourCaller di Indonesia

Truecaller; Luncurkan Kampanye #KnowYourCaller di Indonesia

Truecaller; Luncurkan Kampanye #KnowYourCaller di Indonesia

Tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penipuan via ponsel

Surabaya, Kabarindo- Truecaller, platform untuk verifikasi nomor telepon tak dikenal dan memblokir panggilan spam, menghadirkan rasa aman bagi pengguna ponsel dalam berkomunikasi dengan menginisiasi kampanye bertajuk #KnowYourCaller.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan penipuan via telepon dan membantu mereka untuk merasakan pengalaman komunikasi yang aman dan efisien.

Sbagai salah satu kegiatan dari kampanye ini, Truecaller membuat seri video kampanye menarik khusus untuk masyarakat Indonesia bertajuk Wolf in Sheep's Clothing (Penipu Berbulu Domba) dan bekerja sama dengan aktor dan artis ternama Indonesia, yaitu Yayan Ruhian, Dinda Kanya Dewi dan Billy Boedjanger. Masing-masing memerankan serigala penipu yang menyamar sebagai domba yang polos.

"Indonesia merupakan pangsa pasar prioritas bagi Truecaller. Berdasarkan hasil penelitian kami, Indonesia menjadi salah satu negara dengan panggilan spam terbanyak di dunia. Untuk itu, kami menjalankan misi guna menghadirkan komunikasi yang lebih aman bagi semua pengguna ponsel di Indonesia dengan meminimalisir panggilan spam dan penipuan yang hingga saat ini masih kerap terjadi di Indonesia,” ujar Hitesh Raj Bhagat, Global Head of Corporate Communications di Truecaller.

Ia menambahkan, ide di balik kampanye tersebut adalah untuk mengingatkan masyarakat terhadap ancaman tersebut agar tidak menjadi korban. Truecaller dapat mengidentifikasi secara tepat antara panggilan yang terpercaya dengan panggilan yang bermaksud untuk mencelakai secara finansial, emosional hingga fisik.

Anish Daryani, pendiri dan Presiden Direktur M&C Saatchi Indonesia, mengatakan Truecaller merupakan brand yang dilandasi oleh tujuan yang kuat, berfokus untuk menciptakan keamanan dalam berkomunikasi bagi masyarakat di seluruh dunia. Ancaman dari panggilan spam ini sudah lazim terjadi di Indonesia, seiring dengan minimnya regulasi untuk mengendalikannya. Di sinilah Truecaller memainkan peran penting dengan memberikan pilihan untuk tetap terlindung dari panggilan serta pesan spam dan penipuan.

“M&C Saatchi berfokus untuk menciptakan karya yang dapat mengarahkan pada perubahan positif dalam masyarakat,” ujarnya.

Aktor sekaligus ahli bela diri Indonesia, Yayan Ruhian, mengatakan ia sangat berhati-hati dalam menerima telepon dari nomor yang tidak tersimpan di kontaknya. Dulu ia sering mengabaikannya. Ternyata banyak panggilan penting dari keluarga, relasi maupun kawan. Namun sejak menginstall Truecaller, ia terbantu dalam menyaring panggilan yang masuk ke handphone-nya.

Menurut Laporan Truecaller Insights 2020, setiap orang Indonesia rata-rata menerima panggilan spam sebanyak 18,3 panggilan setiap bulan. Indonesia juga negara penerima panggilan spam tertinggi di kawasan Asia dan berada di peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah panggilan spam terbanyak.

Berdasarkan data kepolisian Indonesia pada 2019, jenis kejahatan siber yang paling umum adalah penipuan. Beberapa saluran yang digunakan oleh penipu berupa email, situs web, media sosial dan telepon. Total kerugian yang disebabkan oleh penipuan email pada 2019 dilaporkan lebih dari Rp.144 miliar. Total kerugian penipuan melalui situs e-commerce mencapai lebih dari Rp.73 miliar.

Di Amerika, transaksi penipuan online menimbulkan kerugian hingga 30 miliar dolar per tahun. Truecaller berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam dan 12,8 miliar SMS spam secara global pada ahun lalu.

“Kami senang turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam komunikasi sehari-hari. Kami berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dari kampanye ini,” ujar Hitesh.

AppAnnie telah menempatkan Truecaller sebagai aplikasi komunikasi teratas di India dan menjadi satu dari tiga besar aplikasi di Mesir dan Israel. Aplikasi ini juga termasuk di antara 10 teratas di 20 negara lainnya, termasuk Indonesia, Malaysia, Nigeria dan Afrika Selatan.

Truecaller memungkinkan percakapan yang aman dan nyaman di antara pengguna serta efisien bagi bisnis untuk terhubung dengan konsumen. Truecaller merupakan bagian penting dari komunikasi sehari-hari untuk lebih dari 280 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dengan lebih dari 500 juta unduhan sejak diluncurkan.