Trafik Data XL Axiata Melonjak 95%; Selama Libur Lebaran

Trafik Data XL Axiata Melonjak 95%; Selama Libur Lebaran

Trafik Data XL Axiata Melonjak 95%; Selama Libur Lebaran

Masyarakat menggunakan layanan data untuk mendukung berbagai aktivitas

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata berhasil melalui masa krusial selama libur Lebaran mulai 8-17 Juni 2018. Selama 10 hari tersebut, trafik penggunaan layanan data melonjak signifikan dibandingkan hari-hari biasa dan dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Tercatat lonjakan trafik data sekitar 30% dibanding hari-hari biasa dan 95% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Untuk trafik layanan 4G, naik hingga 45%.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D.Yosetya, mengatakan prioritas utamanya adalah memastikan kenyamanan pelanggan, tidak hanya di jalur mudik saja, tapi juga tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, stasiun bus dan rest-area. Pihaknya juga harus memastikan jaringan di tempat-tempat wisata seperti pantai, taman hiburan dan pusat perbelanjaan. Jika hal ini terpenuhi, trafik akan meningkat dan ini bagus secara bisnis.

Menurut Yessie, kenaikan trafik data pada Lebaran kali ini merupakan kelanjutan tren kenaikan data beberapa tahun terakhir pada momen yang sama. Masyarakat dan pelanggan nyaman menggunakan layanan data untuk mendukung berbagai aktivitas selama libur Lebaran, termasuk perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota asal, bersilaturahmi serta berbagi kabar melalui media sosial. Kenaikan trafik juga tidak lepas dari terus bertambahnya pengguna layanan data.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi oleh trafik data streaming (video dan musik) mencapai 47% disusul web browsing 16%, instant messaging 13% dan medsos 12%. Untuk layanan VoIP naik 20%. Bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadhan dan Lebaran. Penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55%, GoogleDuo 20%, Hangout 16% dan Whatsapp 15%.

Kenaikan trafik yang signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, masing-masing 55% dan 135%. Semakin banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan mudik mendorong pemanfaatan peta jalan darat digital yang semakin mudah diakses melalui smartphone.

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115%, Kuningan 110%. Selanjutnya Sampang di Madura dan Balikpapan masing-masing 95%, Garut 90%, Banyuwangi 77% dan Sumenep di Madura 75%.

Sementara itu, pola perpindahan pelanggan saat lebaran identik dengan pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan liburan. Data per 15 Juni 2018 atau Lebaran hari pertama menunjukkan jumlah pelanggan di Jabodetabek yang berpindah ke wilayah lain sekitar 25%, terbanyak dibandingkan wilayah lain. Sebaliknya, wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjadi tujuan utama pelanggan dari wilayah lain. Tercatat kedatangan pelanggan dari wilayah lain sekitar 25%. Pelanggan yang datang ke wilayah Jawa Barat sekitar 10%, ke Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Kalimantan masing-masing sekitar 8%.

Dari sisi jaringan, XL Axiata telah menambah 8.500 BTS 3G/4G baru sebelum Lebaran 2018. Selain itu, kapasitas transmisi dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017. Juga meningkatkan kapasitas pada transmisi backbone antar pulau sebesar 460G. Selanjutnya, optimisasi dan rebalancing jaringan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti tempat keberangkatan dan kedatangan pemudik serta tujuan wisata, hingga mencapai 344 titik lokasi.

Selain itu, XL Axiata memberikan perhatian khusus pada sebagian besar jalur mudik utama. Di sepanjang Jawa, lebih dari 96% jalur mudik utama telah terlayani oleh jaringan 4G LTE untuk jalan raya. Sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G LTE telah mencapai lebih dari 90%. Sementara di luar Jawa, lebih dari 94% jalur mudik utama di Sumatera dan 66% di Kalimantan telah tercover oleh jaringan 4G LTE.

Tahun ini, lebih dari 97% area di sepanjang tol dari Jakarta - Surabaya sudah terlayani jaringan 4G LTE. Untuk jalan raya non-tol pantai utara Jawa dari Jakarta - Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95% dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Begitu juga untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya 90% terlayani 4G LTE.

Penulis: Natalia Trijaji