Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Tips Jaga Kesehatan Kulit Kepala Saat Musim Hujan

Tips Jaga Kesehatan Kulit Kepala Saat Musim Hujan

Gaya hidup | Selasa, 28 November 2023 | 21:18 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips Jaga Kesehatan Kulit Kepala Saat Musim Hujan

Tips Jaga Kesehatan Kulit Kepala Saat Musim Hujan

Surabaya, Kabarindo- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan pada Desember 2023 yaitu sebanyak 477 Zona Musim (ZOM) atau sekitar 68,24%.

Walaupun hujan belum turun secara teratur, sebaiknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi musim ini, terlebih jika harus banyak beraktivitas di luar ruangan. Salah satu potensi masalah kesehatan yang dapat muncul selama musim hujan adalah peningkatan resiko ketombe.

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan kulit kepala saat musim hujan:

1. Lindungi kulit kepala dari dingin dan lembab yang berlebih

Pada musim hujan, suhu cenderung lebih dingin dan kelembapan udara meningkat. Kondisi ini dapat meningkatkan munculnya ketombe, karena udara dingin dan lembab menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas, sehingga menyebabkan ketombe kering muncul. Sedangkan kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa dikeringkan dengan baik juga bisa meningkatkan munculnya ketombe basah karena dapat terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

2. Perkuat scalp barrier dengan Niacinamide

dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV, dermatolog dan kreator konte, merujuk pada studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications, bahwa kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali.

“Kandungan Niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier, sehingga menjadi lebih kuat. Berdasarkan studi lainnya, Niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali,” ujarnya.

3. Bersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin

Kulit kepala cukup rentan terkena masalah ketombe baik basah maupun kering dalam kondisi udara yang lembab dan dingin pada musim hujan, apalagi jika harus tetap beraktivitas di luar ruangan. Karena itu bersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER