Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Tips Hilangkan Baret pada Kendaraan Kesayangan

Tips Hilangkan Baret pada Kendaraan Kesayangan

Gaya hidup | Jumat, 1 September 2023 | 23:01 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips Hilangkan Baret pada Kendaraan Kesayangan

Tips Hilangkan Baret pada Kendaraan Kesayangan

Surabaya, Kabarindo- Masyarakat Indonesia sudah memasuki masa endemi Covid-19. Masyarakat kembali disibukkan dengan mobilitas yang tinggi, termasuk tuntutan untuk tetap produktif di luar rumah yang memungkinkan mobil dapat tersenggol kendaraan lain, karena padatnya jalan di Indonesia yang dapat merusak lapisan cat mobil.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir 2022, indeks kemacetan di DKI Jakarta berada di angka 48%, naik drastis dari tahun 2020 sebesar 34%. Sementara pada 2019, kemacetan mencapai angka 53%.

Hal ini sejalan dengan temuan data bahwa jumlah kendaraan di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data Kepolisian Republik Indonesia, kendaraan yang teregistrasi per 30 Juli 2023 mencapai 156.668.635 unit. Jumlah ini melampaui setengah populasi Indonesia yang mencapai 276 juta jiwa.

Reeza Budhisurya, Director Optimo Indonesia, mengatakan jika cat pada bodi mengalami baret, sebaiknya langsung memberikan perawatan yang tepat.

Berikut tips melakukan perawatan bodi mobil khususnya pada cat kendaraan

Menghilangkan baret dengan kompon

Krim pasta yang terkandung di dalam kompon dapat membersihkan goresan bodi dengan cara mengikis lapisan cat hingga tidak terlihat. Jika baretnya ringan, gunakan kompon berwarna putih, karena memiliki daya kikis yang sangat kuat.

Bersihkan lebih dulu bagian yang tergores dengan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel. Kemudian keringkan dengan lap. Lalu poles bagian yang tergores dengan kompon. Supaya tidak cepat mengering, oleskan menggunakan kompon dalam waktu cepat. Sebab jika kompon sudah kering akan mengeras dan kompon akan sulit untuk dibersihkan. Poles secara ringan supaya cat mobil tidak terkikis dengan satu arah agar hasilnya lebih merata. Setelah bagian baretnya bersih, bilas dengan air lalu keringkan.

Gunakan pasta gigi

Pasta gigi merupakan bahan yang paling mudah dicari. Kandungan di dalamnya bisa membersihkan baret di bodi mobil. Pastikan mobil anda dalam keadaan bersih dan siapkan kain lembut. Basahi kain lebih dulu dengan air bersih. Lalu tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan lebarnya goresan. Kemudian gosok bagian mobil yang baret hingga merata. Namun pemolesan menggunakan pasta gigi sebenarnya kurang efektif jika tanpa memadukan dengan bahan lain.

Mengecat ulang bodi kendaraan

Mengecat ulang merupakan salah satu cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Namun hati-hati jika anda melakukannya sendiri. Di-cat di bengkel pun, proses pengecatan harus dilakukan secara akurat. Ini karena cat mobil berperan besar terhadap keindahan dan warna mobil. Sebelum mengecat ulang, amplas bagian mobil yang baret. Cat mobil yang digunakan bukan keseluruhannya berbahan dasar cat, namun perlu dicampur dengan tiner.

Gunakan wax atau cairan pembersih

Menghilangkan baret dengan tipe wax dapat dilakukan jika goresannya halus. Terdapat dua tipe wax, yaitu dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar, karena bahannya bersifat abrasif.

Hati-hati ketika menggunakan wax cair. Jika menggosoknya terlalu keras akan membuat goresan bertambah. Sedangkan wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, sehingga aman digunakan.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER