Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Tips Bodi Kendaraan Tetap Mengkilap pada Musim Hujan

Tips Bodi Kendaraan Tetap Mengkilap pada Musim Hujan

Gaya hidup | Selasa, 19 Desember 2023 | 21:04 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips Bodi Kendaraan Tetap Mengkilap pada Musim Hujan

Tips Bodi Kendaraan Tetap Mengkilap pada Musim Hujan

Surabaya, Kabarindo- Musim hujan membuat para pemilik kendaraan harus memberikan perhatian ekstra khususnya pada cat, agar bodi mobil atau motor tetap mengkilap meski terpapar hujan deras dan lembab. Sebab air hujan mengandung garam yang lebih banyak jika dibandingkan dengan air biasa.

Kendaraan rentan terhadap air hujan. Selain membuat mudah kotor, jika dibiarkan, air hujan yang melekat pada cat dan kaca mobil dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Air hujan memiliki kandungan bersifat asam, yang kemudian bercampur dengan partikel kotoran di jalanan serta limbah yang tercecer bisa merusak mobil jika tidak langsung dibersihkan.

Reeza Budhisurya, Director Optimo Indonesia, menjelaskan dampak khususnya pada cat bodi mobil maupun motor pada musim hujan. “Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil. Karena itu, sebaiknya langsung dicuci dan dibersihkan,” ujarnya.

Berikut tips merawat bodi kendaraan dari Fastwax yang bisa diaplikasikan di rumah.

Cuci mobil setelah terkena air hujan

Sebagian besar masyarakat menganggap remeh bahaya air hujan pada bodi mobil dengan membiarkannya mengering dengan sendirinya. Sebaiknya mobil langsung dicuci dan dilap sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur. Tidak harus menggunakan sabun, namun cukup membilas mobil dengan air bersih.

Mengecek bagian dalam mesin mobil

Cek bagian dalam mesin mobil, sebab air hujan bisa masuk ke celah-celah mobil yang sempit. Jangan mengabaikan mesin mobil yang terkena air hujan. Mobil dapat mogok atau mati mendadak.

Gunakan karpet atau alas mobil

Pada musim hujan biasanya lantai mobil cenderung basah ketika pengemudi atau penumpang masuk dengan alas kaki yang basah. Hal ini dapat menimbulkan jamur di lantai mobil. Untuk mencegah mobil menjadi kotor, gunakan karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil.

Gunakan wax atau cairan pembersih

Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresannya halus. Terdapat dua tipe wax, yaitu berbentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat samar, karena bahannya bersifat abrasif.

Hati-hati menggunakan wax cair. Jika menggosoknya terlalu keras akan membuat goresan bertambah. Sedangkan wax padat tidak mengandung bahan abrasif, jadi aman digunakan.

Parkir mobil di tempat tertutup

Parkirlah kendaraan di tempat tertutup untuk melindungi mobil dari paparan air hujan dan debu. Dengan begitu, mobil tidak akan kotor lagi setelah dibersihkan dari air hujan. Jika terpaksa diletakkan di ruang terbuka, lindungi mobil dengan cover mobil agar tidak terkena air hujan dan paparan sinar matahari langsung.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER