Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Tiga Pemimpin Eropa Kunjungi Kyiv di Tengah Pengeboman Rusia

Tiga Pemimpin Eropa Kunjungi Kyiv di Tengah Pengeboman Rusia

Internasional | Selasa, 15 Maret 2022 | 22:44 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Tiga Pemimpin Eropa Kunjungi Kyiv di Tengah Pengeboman Rusia

KABARINDO, KYIV – Tiga perdana menteri Eropa pergi mengunjungi ibu kota Ukraina, Kyiv, dengan kereta api pada Selasa (15/3), di saat gedung-gedung di kota itu menjadi korban pengeboman Rusia.

"Adalah tugas kita untuk berada di tempat sejarah ditempa. Karena ini bukan tentang kita, tetapi tentang masa depan anak-anak kita yang layak hidup di dunia yang bebas dari tirani," kata Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, yang melintasi perbatasan dengan Perdana Menteri Ceko Petr Fiala dan Perdana Menteri Janez Jansa dari Slovenia.

Bergabung dengan mereka adalah Jaroslaw Kaczynski, wakil perdana menteri Polandia untuk keamanan –yang juga pemimpin partai penguasa konservatif, Hukum dan Keadilan, posisi yang memungkinkan dia menjadi politisi paling kuat di Polandia.

Fiala mengatakan tujuannya adalah "untuk mengonfirmasi dukungan tegas dari seluruh Uni Eropa untuk kedaulatan dan kemerdekaan Ukraina." 

Untuk itu, mereka akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Perdana Menteri Denys Shmyhal.

Morawiecki mengatakan di Facebook bahwa dia dan para pemimpin lainnya melakukan perjalanan mereka dalam persetujuan dengan Uni Eropa, dan PBB telah diberitahu tentang kunjungan tersebut.

Ketiga negara para pemimpin itu tidak saja anggota Uni Eropa, tetapi juga anggota NATO.

Pengeboman Intensif

Para pemimpin Eropa itu akan tiba di kota yang masih dibombardir secara intensif, di mana sekitar setengah dari 3,4 juta penduduk telah melarikan diri dan penduduk menghabiskan malam berlindung di stasiun bawah tanah.

Sesaat sebelum fajar, ledakan besar bergemuruh di Kyiv dari apa yang dikatakan otoritas Ukraina sebagai serangan artileri. 

Ledakan itu memicu kebakaran besar dan upaya penyelamatan yang panik di sebuah gedung apartemen 15 lantai. Setidaknya satu orang tewas dan lainnya masih terjebak di dalam.

Menjelang keberangkatannya, Morawiecki di Facebook mengenang bagaimana mantan Presiden Polandia Lech Kaczynski melakukan kunjungan ke ibu kota Georgia pada 2008 ketika negara bekas Soviet itu diserang dari Rusia.

Dia mengutip Presiden Kaczynski yang mengatakan pada saat itu di Tbilisi: "Hari ini Georgia, besok Ukraina, lusa negara-negara Baltik, dan mungkin sudah waktunya untuk negara saya, untuk Polandia."

***(Sumber: Reuters, Time; Foto: Reuters)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER