Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Tidak untuk Cawapres, Partai Golkar akan Siapkan Ridwan Kamil Calon Gubernur DKI Jakarta?

Tidak untuk Cawapres, Partai Golkar akan Siapkan Ridwan Kamil Calon Gubernur DKI Jakarta?

Hukum & Politik | Senin, 11 September 2023 | 19:58 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Tidak untuk Cawapres, Partai Golkar akan Siapkan Ridwan Kamil Calon Gubernur DKI Jakarta?

KABARINDO, JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ridwan Kamil disebut dipersiapkan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar). Partai berlambang pohon beringin belum berencana mendorong pria yang karib disapa Kang Emil itu sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

“Kami juga sudah punya planning buat RK (Ridwan Kamil), kita waktu itu sudah memutuskan untuk mendorong RK menjadi calon gubernur, nanti tinggal pilih dua, antara di Jawa Barat lagi atau di DKI Jakarta,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9).

Doli menjelaskan, keputusan Ridwan Kamil maju pada gelaran Pilkada 2024 belum pernah ditinjau ulang oleh Golkar. Karena berdasarkan keputusan Musyawarah Nasional (Munas) hingga Rapat Kerja Nasional (Rakernas), capres atau cawapres itu sejatinya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Kalau pun ada keputusan lain, itu pun kewenangan Pak Airlangga yang sudah kita kasih mandat penuh kepada ketua umum kami itu untuk menentukan sikap akhir menentukan pasangan capres dan cawapres,” ucap Doli.

Ketua Komisi II DPR itu menegaskan, keputusan Ridwan Kamil bisa maju sebagai cawapres ada di tangan Airlangga. Menurutnya, hal itu kemungkinam akan diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

“Oh ya pasti nanti pasti ada (Rapimnas), tentu dimulai dengan rapat-rapat sesuai dengan mekanisme internal, ada rapat internal DPP kemudian nanti sampai ke rapimnas,” tegas Doli.

Terpisah, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya menegaskan, belum pernah membahas nama Ridwan Kamil sebagai salah satu kandidat bakal cawapres di internal Partai Golkar. Pasalnya, Ridwan Kamil dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

“(Ridwan Kamil jadi bakal cawapres Ganjar) Itu belum dibahas,” ucap Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/9). 

fokus bersama Partai Gerinda dan PAN untuk mematangkan Koalisi Indonesia Maju. “Di saat sekarang, Golkar konsentrasi pada Koalisi Indonesia Maju,” ujar Airlangga. 

Terkait langkah politik Ridwan Kamil, kata Airlangga, pihaknya sudah mempersiapkan dirinya untuk menjadi gubernur. Namun, ia tak menjelaskan nama daerahnya. 

“Kalau gubernur sudah disiapkan,” pungkas Airlangga. 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER