Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Tahu Tempe Kembali Ada Mulai Hari Ini, dengan Harga Berbeda

Tahu Tempe Kembali Ada Mulai Hari Ini, dengan Harga Berbeda

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 24 Februari 2022 | 09:30 WIB
Oleh : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Tahu Tempe Kembali Ada Mulai Hari Ini, dengan Harga Berbeda

KABARINDO, JAKARTA - Usai mogok selama tiga hari, mulai hari ini komoditas tahu tempe kembali diperjual belikan di pasaran. Namun, nampaknya tersedianya tahu tempe juga diiringi dengan adanya kenaikan harga.

Ketua umum perajin tahu tempe yang tergabung dalam Paguyuban Dadi Rukun, Rasjani  mengatakan kenaikan harga ini dilakukan agar ke depannya para perajin tahu tempe tetap bisa berproduksi meski harga kedelai impor masih mahal.

"Yah mau gimana, ini sudah kesepakatan bersama karena pemerintah butuh waktu yang lama untuk mewujudkan permintaan kita. Jadi biar tetap bisa berproduksi, harga tempe tahu dari perajin ke distributor, ke warung ataupun ke penjual lainnya dinaikan," ujar Rasjani, Rabu (23/2/2022).

Rasjani memaparkan harga tahu denga nisi 5-6 buah yang awalnya dibanderol dengan harga Rp5.500 kini dinaikkan Rp1.000 menjadi sekitar Rp6.000. Hal sama juga diperuntukkan untuk tempe.

Tahu Tempe Kembali Ada Mulai Hari Ini, dengan Harga Berbeda

"Yah harga tengahnya naik Rp 1.000, baik itu tempe dan tahu," kata Rasjani.

Meskipun harga tahu tempe mengalami kenaikan, namun Rasjani mengatakan jika tidak ada berubah dari ukurannya.

"Sudah kesepakatan bersama. Ukuran tidak ditipiskan atau dikurangi, harganya saja yang kami naikan," kata dia.

Sebagaimana diketahui, dari Senin (21/2) hingga Rabu (23/2) para perajin tahu tempe telah melakukan aksi mogok produksi sebagai bentuk protes terhadap mahalnya harga kedelai.

Berdasarkan data yang dilaporkan Kementerian Perdagangan, harga kedelai pada minggu pertama Februari 2022 mencapai 15,77 dollar AS per bushel atau sekitar Rp11.240 per kg.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan kenaikan harga kedelai mencapai Rp12.000 per kg. Hal ini berimbas pada harga tempe di konsumen akhir yang mengalami kenaikan hingga Rp300 menjadi Rp10.600 per kg. Sedangkan, untuk tahu juga naik Rp50 menjadi Rp700 per potong.

"Diperkirakan naik sampai Juli. Kalau Rp12.000 tidak terlampaui ya. Sekarang ini harga kedelai masih Rp11.500. Jadi harga tempe Rp 10.300 per kilogram dan tahu Rp 650 per potong," kata Oke belum lama ini.

Sumber: Kompas.com

Foto: Irfan Adi Saputra/Kumparan, ANTARAFOTO/Maulana Surya


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER