Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Survei SMRC: 75% Masyarakat tidak Setuju Presiden Jokowi Bangun Dinasti Politik

Survei SMRC: 75% Masyarakat tidak Setuju Presiden Jokowi Bangun Dinasti Politik

Hukum & Politik | Jumat, 17 November 2023 | 18:48 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Survei SMRC: 75% Masyarakat tidak Setuju Presiden  Jokowi Bangun Dinasti Politik

KABARINDO, JAKARTA - Majunya putra presiden Joko Wisodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo sebagai Calon Presiden dari partai Gerakan Indonesia Raya(Gerindra) seakan ingin membangun pondasi dinasti politik.

Pro kotra pun terjadi, dan hasil lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pun menunjukkan 68 persen responden setuju Presiden Jokowi sedang membangun politik dinasti. Sebanyak 75 persen responden tidak suka dengan politik dinasti tersebut.

Presiden Jokowi dinilai sedang membangun politik dinasti tidak hanya melalui Gibran tapi juga  menantunya Bobby Nasution yang menjadi wali kota Medan, dan anak bungsunya Kaesang Pangarep yang diangkat menjadi ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“(Sebanyak) 37 persen menjawab tahu dan 63 persen menjawab tidak tahu. Dari yang tahu, 68 persen menyatakan percaya pandangan Jokowi sedang membangun politik dinasti,” kata pendiri SMRC Saiful Mujani dilansir pada Jumat, 17 November 2023.

Dari yang tahu itu, 75 persen menyatakan tidak suka Presiden Jokowi membangun politik dinasti. Saiful menegaskan walaupun umumnya publik tidak suka dengan praktik politik dinasti Presiden Jokowi, namun yang tahu masih relatif sedikit, yakni 37 persen.

“Ketika anda sosialisasikan politik dinasti seperti ini dan Presiden Jokowi dengan bukti-bukti yang ada telah melakukan politik dinasti, orang cenderung akan percaya dan umumnya akan mengatakan tidak suka,” ujar dia.

Selanjutnya, ada 24 persen responden yang menyatakan politik dinasti baik atau sangat baik, yang menyatakan buruk atau sangat buruk 53 persen, dan tidak jawab 22 persen. Untuk populasi yang tahu politik dinasti, hanya 21 persen menyatakan hal itu baik atau sangat baik. Sementara itu, responden yang menyatakan buruk atau sangat buruk 75 persen, dan tidak jawab lima persen.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 29 Oktober-5 November 2023 kepada 2.400 responden dipilih secara acak (stratified multistage random sampling). Adapun margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 2,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER