Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Survei Lembaga Trust: Kepuasan Publik terhadap Joko Widodo Tinggi

Survei Lembaga Trust: Kepuasan Publik terhadap Joko Widodo Tinggi

Berita Utama | Senin, 31 Januari 2022 | 16:46 WIB
Editor : Sarah Anastasia

BAGIKAN :
Survei Lembaga Trust: Kepuasan Publik terhadap Joko Widodo Tinggi

KABARINDO, JAKARTA - Survei yang dilakukan lembaga Trust Indonesia Research & Consulting menunjukkan publik masih puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Sebanyak 70,1% dari 1.200 responden melihat kepemimpinan Jokowi baik. Namun demikian, kepuasan yang tinggi terhadap Jokowi nampaknya tidak berbanding lurus dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Kepuasan publik terhadap Wakil Presiden Ma'ruf Amin hanya sebesar 53,8%. Hal ini dapat diartikan bahwa publik melihat ada gap atau disparitas kinerja pada pemerintahan Presiden Jokowi - Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Meski mengaku puas dengan kinerja Presiden, sebanyak 63,5% responden tidak setuju jika masa jabatan Presiden ditambah menjadi tiga periode. 

Lebih lanjut dalam survei tersebut juga ditemukan bahwa sebanyak 37,6% responden menyatakan kondisi kehidupan sosial, politik & demokrasi di bawah kepemimpinan Jokowi semakin baik dan 36,7% responden menyatakan tidak ada perubahan. Sebanyak 37,0% responden menyatakan kebebasan berpendapat dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi tidak ada perubahan dan 33,4% menyatakan semakin membaik. Sebanyak 43,9% responden menyatakan penegakan hukum di bawah Pemerintahan Jokowi belum ditegakkan dengan adil dan sebanyak 42,1% menyatakan adil.

Terkait dengan pemberantasan korupsi, sebanyak 42,3% responden menyatakan pemerintahan Jokowi sudah banyak bekerja memberantas korupsi. Namun masih ada sebanyak 32,2% responden menyatakan belum banyak bekerja.

Trust Indonesia Research & Consulting adalah sebuah lembaga survei nasional yang baru saja didirikan di akhir 2021. Survei tersebut dilakukan secara nasional pada 3-12 Januari 2022 secara offline (tatap muka). Jumlah responden dalam survei ini diambil secara proporsional berimbang (50:50) laki-laki dan perempuan berdasarkan basis tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam melakukan survei, Trust mengambil responden dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di 34 provinsi dan telah mempunyai hak pilih, yaitu berusia 17 tahun ka atas (memiliki KTP setempat) atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. (Foto: Biro Setpres)


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER