Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Sudah Tahu 9 Manfaat Rambutan? Tidak hanya Cegah Kanker

Sudah Tahu 9 Manfaat Rambutan? Tidak hanya Cegah Kanker

Gaya hidup | Minggu, 11 Maret 2018 | 08:26 WIB
Oleh : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Sudah Tahu 9 Manfaat Rambutan? Tidak hanya Cegah Kanker

Makassar, Kabarindo- Tidak saja di Kota Makassar sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan kanan dan kiri dari bahu jalan terlihat gunungan buah eksotis rambutan yang ranum dijajakan.

Kota Jakarta pun sudah mulai ramai pasar dan supermarket buah menjajakan buah yang ternyata punya 8 manfaat tidak sekedar cegah kanker saja.

Melansir Style Craze, akhir pekan ini dinukil dari lama Okezone.

Berikut 9 manfaat dari buah yang hanya ada di Indonesia dan beberapa wilayah lain di Asia Tenggara:

1. Membantu pengobatan diabetes

Bagi para penyandang diabetes yang tidak disarankan mengonsumsi gula berlebih padahal masih membutuhkannya sebagai sumber energi, rambutan bisa dijadikan alternatif. Sebuah studi di China mengungkapkan jika kulit rambutan memiliki sifat anti-diabetes. Ekstrak fenolik dari kulit rambutan bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh.

2. Membantu proses kehamilan

Rasa manis pada rambutan dapat membantu meringankan pusing atau gejala mual yang biasa terjadi selama kehamilan. Rambutan juga mengandung zat besi sehingga membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kadar hemoglobin. Bagi ibu hamil yang sering merasa gatal, rambutan bisa membantu karena mengandung vitamin E.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti buah lainnya, rambutan mengandung serat yang terbilang tinggi sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Serat dapat membantu mengobati hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Mineral lain yang terkandung dalam rambutan adalah fosfor sehingga membantu pembentukan tulang. Selain itu, ada pula vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

5. Membantu mencegah kanker

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi melawan peradangan dan melindungi sel-sel di tubuh. Vitamin C dalam buah juga membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kanker tertentu. Di sisi lain, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker sehingga bisa digunakan untuk pengobatan kanker.

6. Melindungi tubuh dari infeksi

Penelitian menunjukkan jika rambutan memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Hal itu bermanfaat untuk melindungi tubuh dari banyak infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah pembentukan nanah.

7. Menambah energi

Rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang memberikan dorongan energi.

8. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada rambutan bisa membantu memperbaiki kesehatan pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi. Sifat antibakteri pada rambutan bisa membantu membunuh parasit intestinal sehingga berguna untuk pengobatan diare.

09. Kesehatan kulit

Biji buah rambutan bisa meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Mengoleskan biji rambutan yang sudah dihancurkan ke kulit dapat memperbaiki tekstur kulit serta menjadikannya lembut dan halus. Kandungan mangan dan vitamin C pada rambutan juga bisa membantu menghidrasi kulit dan memproduksi kolagen sehingga membuat kulit tampak sehat dan awet muda.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER