Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > SMA Taruna Nusantara Buka Penerimaan Siswa Baru

SMA Taruna Nusantara Buka Penerimaan Siswa Baru

Berita Utama | Jumat, 24 Desember 2021 | 10:01 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
SMA Taruna Nusantara Buka Penerimaan Siswa Baru

KABARINDO, MAGELANG – Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, membuka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Seperti dilansir dari situs resmi Taruna Nusantara, pendaftaran siswa baru dilakukan secara online mulai 3-16 Januari 2022. Bagi Anda yang tertarik atau berminat, simak apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar lolos menjadi siswa baru di SMA Taruna Nusantara.

Persyaratan umum pendaftaran SMA Taruna Nusantara

  1. Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7-9 SMP rata-rata minimal 85, dan tidak ada nilai di bawah 80.
  2. Jika memiliki prestasi juara lomba minimal tingkat kabupaten/kota, Nilai Rapor Pengetahuan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester 1-5 di kelas 7-9 SMP rata-rata minimal 80 dan tidak ada nilai di bawah 75.
  3. Umur maksimal 17 tahun pada Juli 2022.

Tahapan proses penerimaan SMA Taruna Nusantara

Dalam penerimaan siswa baru, SMA Taruna Nusantara melakukan seleksi yang cukup ketat dengan melalui 5 tahap proses penerimaan.

Berikut rinciannya:

1. Pendaftaran online Pendaftaran berbasis online dapat diakses melalui internet di situs https://pensisru.tarunanusantara.id pada 3-16 Januari 2022.

 2. Seleksi administrasi Dilakukan proses verifikasi dan validasi data calon siswa, dan seleksi nilai akademik dan prestasi.

Tahapan ini berlangsung pada 17-22 Januari 2022.

3. Seleksi tahap 1 Calon siswa akan menjalani tes akademik online yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Januari hingga awal Februari 2022.

4. Seleksi tahap

2 Calon siswa akan menjalani serangkatan tes seperti tes akademik, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes samapta. Untuk lokasi tes akan diumumkan lebih lanjut di panitia daerah dan sub panitia daerah. Seleksi tahap 2 dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2022.
 

5. Wawancara online

Tahap terakhir yang wajib dilakukan oleh calon siswa SMA Taruna Nusantara yakni wawancara online. Agenda ini dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022. Sebagai catatan, jadwal pelaksanaan tahapan tes bisa berubah sewaktu-waktu.

Dokumen yang diperlukan

(Semua dokumen dalam bentuk digital/scan/jpg, untuk di-upload di Halaman Pendaftaran Online)

  1. Pasfoto (ukuran 3x4 dengan seragam sekolah dan background warna biru).
  2. Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah/militer.
  3. Kartu pelajar SMP.
  4. Akta kelahiran.
  5. Nilai Rapor Semester 1-5 (dibuat foto rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1-3 untuk kelas akselerasi).
  6. Foto seluruh badan (menggunakan seragam lengkap dan sepatu, kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala).
  7. Data penghasilan orang tua/wali (khusus untuk calon siswa jalur beasiswa, untuk wiraswasta rekening koran 3 bulan terakhir).
  8. Kartu keluarga. KTP orang tuawali (salah satu, ayah atau ibu atau wali). Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP (form akan disiapkan template-nya).
  9.  Surat Pernyataan dari Orangtua (form akan disiapkan template-nya).
  10. Surat Pernyataan dari calon siswa (form akan disiapkan template-nya).
  11.  Sertifikat bukti prestasi (jika tidak ada sertifikat, bisa dengan foto medali atau piala).

Biaya pendidikan di SMA Taruna Nusantara

Selain itu, ada 3 jalur penerimaan siswa baru SMA Taruna Nusantara yakni Beasiswa, Reguler, Kontribusi Khusus.

Calon siswa dapat memilih salah satu jalur saat mengisi formulir.

Masing-masing jalur memiliki biaya pendidikan yang berbeda.

  1. Beasiswa

Formulir: Gratis Uang pangkal: Gratis Iuran komite sekolah: Gratis Kontribusi Khusus: Gratis Sumbangan sukarela: Diisi sesuai kesanggupan.

  1.  Reguler

Formulir: Gratis Uang pangkal: Rp 50 juta Iuran komite sekolah: Rp 1 juta Kontribusi Khusus: Gratis Sumbangan sukarela: Diisi sesuai kesanggupan.

  1. Kontribusi khusus

    Formulir: Gratis Uang pangkal: Rp 50 juta Iuran komite sekolah: Rp 1 juta Kontribusi Khusus: Rp 125 juta Sumbangan sukarela: Diisi sesuai kesanggupan

Biaya dibayarkan sekaligus saat calon siswa daftar ulang. Adapun biaya operasional pendidikan untuk reguler dan kontribusi khusus Rp 5 juta (dibayar setiap bulan, mulai Juli 2022).

 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER