Sleep Buddy Manfaatkan Limbah Kain; Jadi Produk Berkualitas & Unik

Sleep Buddy Manfaatkan Limbah Kain; Jadi Produk Berkualitas & Unik

Sleep Buddy Manfaatkan Limbah Kain; Jadi Produk Berkualitas & Unik

Dari sisa-sisa kain, peduli lingkungan

Surabaya, Kabarindo- Sleep Buddy memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi pembuatan sprei atau selimut menjadi produk-produk yang berkualitas tinggi dan unik.

Sleep Buddy merupakan produsen tekstil di Surabaya yang berdiri pada 2009 dan kini memiliki 50 karyawan. UKM ini memproduksi home textile dan bermacam aksesoris bedding dengan harga Rp.100 ribu-Rp.360 ribu.

“Kami mendaur ulang potongan-potongan kain sisa produksi menjadi produk-produk seperti cushion, table runner dan throw blanket. Langkah ini agar bumi tidak tertumpuk oleh limbah kain setiap hari,” ujar Indah Catur Agustin, Founder Sleep Buddy pada Senin (15/11/2021).

Ia memaparkan, limbah dari industri tekstil menjadi salah satu penyumbang sampah yang cukup tinggi di Indonesia. Sayangnya, tak banyak pelaku industri tekstil yang memanfaatkan sisa kain menjadi barang yang berguna, sehingga berakhir menjadi limbah yang mencemari ligkungan.

Menanggapi hal tersebut, Sleep Buddy ingin mengedukasi masyarakat Indonesia betapa pentingnya istirahat dengan nyenyak menggunakan sprei dan selimut dari bahan yang lembut. Ia juga mengajak konsumen untuk lebih peduli lingkungan dengan sebuah terobosan terbaru.

Kami tidak hanya berfokus pada produksi, namun juga peduli dengan limbah yang dihasilkan. Kami memanfaatkan potongan-potongan kain dari sisa produksi untuk diolah kembali menjadi produk baru yang berkualitas dan unik,ujar Indah.

Sleep Buddy memasarkan cushion, throw blanket dan table runner dari limbah kain tersebut di Tokopedia. Poppy Soraya, Category Development Lead Tokopedia, mengapresiasi produk-produk ini yang bermanfaat sekaligus menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Ia optimis produk-produk Sleep Buddy akan diminati masyarakat, karena lembut, nyaman, unik dan harganya terjangkau. Ia mengatakan, produk rumah tangga, termasuk aksesoris bedding, banyak dibeli konsumen pada masa pandemi Covid-19. Ini karena banyak orang yang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, belajar dan bekerja dari rumah.

Poppy menyebutkan, pembelian produk-produk rumah tangga meningkat sangat tinggi pada kuartal III/2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Indah membenarkan omzet Sleep Buddy meningkat pesat selama pandemi. Ia menambahkan, omzetnya meningkat hingga 200% pada kuartal I-II pada 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Agar produk-produknya lebih dikenal, Sleep Buddy menggandeng penyanyi Andien Aisyah sebagai brand ambassador yang dinilai sebagai sosok yang peduli lingkungan. Ia mendukung upaya Sleep Buddy dalam menghasilkan produk yang ramah lingkungan sekaligus bermanfaat.

Andien mengaku menggunakan produk-produk Sleep Budy sehari-hari. Salah satunya throw blanket yang menemaninya liburan ke Bali bersama keluarga beberapa waktu lalu. Ia membawa blanket ini kemana-mana, di mobil selama perjalanan, ke gunung, ke pantai sampai ke kamar.

“Ayo kita gunakan produk lokal yang ramah lingkungan untuk menunjukkan kecintaan kita terhadap produk lokal sekaligus kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya.