Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Shopee Dukung Program 500.000 Eksportir Baru; Dorong Kemajuan Program Ekspor

Shopee Dukung Program 500.000 Eksportir Baru; Dorong Kemajuan Program Ekspor

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Shopee Dukung Program 500.000 Eksportir Baru; Dorong Kemajuan Program Ekspor

Shopee Dukung Program 500.000 Eksportir Baru; Dorong Kemajuan Program Ekspor

Dukung UMKM binaan melalui sinergi dengan Sekolah Ekspor, ciptakan eksportir lokal berkualitas global

Surabaya, Kabarindo- Shopee Indonesia mendukung terwujudnya 500.000 eksportir pada 2030. Untuk itu, Shopee berkolaborasi dengan berbagai kementerian dan instansi pemerintah, seperti Sekolah Ekspor lansiran Asosiasi pemerintahan gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (SMESCO).

Program tersebut dimulai pada Maret 2021 yang didukung oleh Kemenkop UKM dan Kementerian Perdagangan RI, agar lebih bersinergi dalam mendorong dan memberikan akses kepada UMKM untuk melakukan ekspor.

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia, pihaknya ikut serta dalam merealisasikan komitmen pemerintah dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan UMKM di Indonesia. Tidak hanya untuk eksistensi karya lokal tanah air, namun juga secara tidak langsung mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia.

“Melalui program 500.000 Eksportir Baru dari Sekolah Ekspor ini, kami berupaya ikut andil mengimplementasikan program lanjutan guna menciptakan cakupan dan jangkauan program ekspor yang lebih luas melalui penerapan ekspor di literasi digital,” ujarnya.

Program 500.000 Eksportir Baru diinisiasi untuk secara implisit mendukung sistem ekspor Indonesia yang dilaksanakan dengan pengembangan UMKM di Indonesia. Agar lebih efektif dalam menjangkau berbagai UMKM yang akan diekspor, sinergi ini juga diwujudnyatakan dengan Bank Indonesia, yang akan mengikutsertakan UMKM binaannya.

Handito Joewono, Kepala Sekolah Ekspor, mengatakan ia mengapresiasi para pihak yang turut mendukung kesuksesan program 500.000 Eksportir Baru. Program ini akan mendukung keberlangsungan bisnis, khususnya melalui program ekspor UMKM di Indonesia. Ia berharap, para eksportir yang telah sah menjadi bagian dari program ini dapat turut mendorong roda perputaran ekonomi dan ekspor di Indonesia.

Shopee menginisiasi terciptanya cakupan ekspor yang luas dengan membuka peluang untuk publik melalui sinergi program 500.000 Eksportir Baru ini. Di dalam program ini, penjual ekspor binaan akan dibekali dengan kiat-kiat sukses ekspor yang secara spesifik akan merujuk ke penerapan literasi digital ekspor Shopee melalui kanal Kreasi Nusantara ‘Dari Lokal untuk Global’. Shopee Indonesia dan Sekolah Ekspor juga menghadirkan registrasi formulir terbuka untuk publik yang ingin menjadi salah satu bagian dari program ekspor Shopee.

Sejak dibukanya program tersebut, sudah ada lebih dari 1000 UMKM terdaftar dan siap menjalani pelatihan dan pendampingan bersama Shopee. UMKM tersebut berasal dari berbagai kategori produk mulai dari makanan dan minuman, pakaian, dekorasi rumah dan lain-lainnya. Bersama dengan Sekolah Ekspor, para peserta terdaftar akan mengikuti berbagai kurikulum dengan menjalankan kelas mulai dari tingkat dasar (elementary level) hingga tingkat perkembangan berkesinambungan (post recurrent level) yang akhirnya lulus dari program, kemudian siap didaftarkan untuk mengikuti kelas lanjutan dan pendampingan pelatihan bersama Shopee dalam menerapkan literasi digital serta bersiap untuk mengekspor produk ke luar negeri.

“Kami berharap akan semakin banyak kolaborasi yang terbentuk antara Shopee dan pemerintah untuk terus mendorong, mendukung dan memberikan peluang ekspor bagi UMKM, yang menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi dan ekspor di Indonesia,” ujar Radityo.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER