Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Sharp Hadirkan Mesin Penukar Botol Plastik di Area Publik, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Sharp Hadirkan Mesin Penukar Botol Plastik di Area Publik, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Gaya hidup | Kamis, 29 Agustus 2024 | 16:19 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sharp Hadirkan Mesin Penukar Botol Plastik di Area Publik, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Sharp Hadirkan Mesin Penukar Botol Plastik di Area Publik, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Peringati Hari Konservasi Alam Nasional

Surabaya, Kabarindo- Lingkungan yang sehat berkaitan erat dengan kualitas udara dan air yang bersih. Kualitas udara dan air yang baik dapat menjaga kesehatan manusia, juga mendukung keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati. Guna melestarikan alam dan ekosistem, diperlukan keterlibatan berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta maupun masyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional pada 10 Agustus 2024 lalu, Sharp Indonesia bekerja sama dengan Plasticpay meresmikan mesin Reverse Vending Machine ( RVM ) pertama di Food Court lantai 2 Mall Artha Gading, Jakarta Utara, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pelestarian lingkungan dengan mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah botol plastik kemasan.

“Kemasan botol plastik yang dimasukkan ke dalam mesin RVM akan dikelola oleh Plasticpay dan akan didaur ulang menjadi bermacam produk yang memiliki nilai guna,“ ujar Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, pada Rabu (28/8/2024).

Menurut Andry, konsep yang diusung oleh Plasticpay sejalan dengan visi perusahaan Sharp Eco Vision 2050 dimana secara berkelanjutan melalui kegiatan ESG, Sharp mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan oleh PBB, sebagai agenda pembangunan dunia guna menciptakan perdamaian dan kemakmuran bagi manusia dan planet bumi di masa sekarang dan masa depan,

Ia menambahkan, kontribusi Sharp Indonesia dalam menjaga lingkungan tidak hanya terbatas dalam program peningkatan kesadaran masyarakat, namun juga aktif melakukan beragam program konservasi seperti penanaman pohon endemik, mangrove, transplantasi koral, pelepasan hewan hingga pemberdayaan masyarakat di area konservasi.

Sharp Indonesia juga menerapkan konsep ramah lingkungan pada bangunan pabrik dengan menggunakan lampu LED di seluruh kawasan, melakukan aksi penghijauan, pengelolaan limbah terpadu, memasang solar panel dan skylight rooftop guna mengurangi penggunaan lampu pada siang hari. Sharp juga menanamkan teknologi dan fitur ramah lingkungan pada setiap produknya.

“Yang terbaru adalah Sharp menggunakan material recycle plastik pada produk smartphone dan air purifiernya. Ini menunjukkan bukti nyata akan keseriusan Sharp untuk aktif mendukung program dekarbonisasi Indonesia menuju target net zero emission (NZE) pada 2060, dan guna mencapai target Sharp global untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 60% pada 2035,” ujar Andry.

General Manager Plasticpay, Yan Kurniawan, mengapresiasi Sharp Indonesia yang bergabung pada program ini. “Keterlibatan Sharp Indonesia menjadi penyemangat kami untuk terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan cara yang mudah dan menyenangkan,” ujarnya.

Konsumen Sharp yang ingin berkontribusi dapat mendatangi titik lokasi RVM di Mal Artha Gading, kemudian mengunduh aplikasi Plasticpay di Google play atau App Store, dan melakukan registrasi diri dilanjutkan dengan memasukkan botol ke dalam RVM. Mesin akan menghitung jumlah botol yang masuk dan akan mengkonversi jumlah botol dengan nilai poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan e-wallet, shopping voucher dan lainnya.

“Kami berharap upaya kami dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk menjaga lingkungan akan mendapatkan respon positif dari konsumen dan masyarakat sekitar. Kami akan melanjutkan program ini dengan menempatkan mesin RVM ini di beberapa titik lokasi lagi,” ujar Andry.

Foto: istimewa


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER