Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Sharp Eco-Bition Workshop di SMAN 13 Surabaya Tingkatkan Peduli Lingkungan Siswa Sekolah

Sharp Eco-Bition Workshop di SMAN 13 Surabaya Tingkatkan Peduli Lingkungan Siswa Sekolah

Gaya hidup | Sabtu, 25 Februari 2023 | 20:31 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sharp Eco-Bition Workshop di SMAN 13 Surabaya Tingkatkan Peduli Lingkungan Siswa Sekolah

Sharp Eco-Bition Workshop di SMAN 13 Surabaya Tingkatkan Peduli Lingkungan Siswa Sekolah

Usung tema From Love Comes Green, dukung program pemerintah kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari

Surabaya, Kabarindo- Sharp Electronics Indonesia menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR), Sharp Eco-Bition Workshop di SMAN 13 Surabaya, pada Sabtu (25/2/2023).

Pandu Setio, PR & Brand Communication Manager PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian perayaan hari jadi Sharp Corporation ke-110. Surabaya menjadi kota keempat yang dikunjungi Sharp Eco-Bition Workshop.

“Melalui program ini, Sharp bertujuan mengampanyekan pelestarian lingkungan dengan mengajak anak muda untuk berpartisipasi secara aktif dalam menjaga bumi,” ujarnya.

Data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menyebutkan, komposisi sampah domestik maupun non-domestik di Surabaya pada 2021 adalah sebesar 578.169 ton per tahun atau sama dengan 1.585 ton per hari. Sebanyak 314.003,58 ton (54,31%) merupakan sampah organik, sementara 264.168,42 ton (45,69%) adalah sampah anorganik yang terdiri dari 109.852,11 ton sampah plastik dan 154.316,31 ton sampah anorganik lainnya.

Melihat besarnya volume sampah plastik tersebut, pada 9 April 2022 lalu. Pemkot Surabaya secara resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Pelarangan ini diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Surabaya.

Pandu mengatakan, sesuai dengan misi dan visi perayaan hari jadinya yang ke 110, Sharp ingin berkontribusi lebih banyak pada bidang lingkungan, sosial dan tata kelola. Mengusung tema From Love Comes Green, Sharp Indonesia berkolaborasi dengan Kertabumi Recycling Center, mengajak siswa-siswi belajar langsung cara mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Sebelum melakukan praktek daur ulang sampah plastic, para peserta diajak untuk melakukan operasi semut mengumpulkan sampah plastik di lingkungan sekolah untuk menerapkan kebiasaan dan memupuk kesadaran mereka akan gaya hidup hijau.

“Kami berharap melalui kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran mereka untuk bijak dalam menggunakan plastik dan membiasakan mereka untuk membuang sampah pada tempatnya dan kreatif dalam mengelola sampah,” ujar Pandu.

Kepala Sekolah SMAN 13 Surabaya, Drs. Lazuardi Mulyanto, mengapresiasi kegiatan yang digelar Sharp Indonesia. Ia mengatakan, kegiatan yang melibatkan 48 siswa-siswi tersebut sangat bermanfaat bagi anak didiknya.

”Kegiatan seperti ini berdampak positif bagi siswa maupun lingkungan sekolah. Para peserta nanti bisa menyebarkan materi yang diberikan kepada para siswa lain dan keluarga masing-masing,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sharp menyerahkan mesin pencacah rumput dan produk elektronik kepada sekolah untuk digunakan sebagai penunjang kegiatan di sekolah.

Sharp juga menggelar Sharp Eco-Bition mulai 22-26 Februari 2023 di Pakuwon Mal Surabaya yang menawarkan jajaran produk baru, juga mengajak pengunjung untuk turut melestarikan lingkungan dengan mengumpulkan sampah plastik / kertas / kaleng / botol kaca guna ditukarkan dengan ecobag.

Pengunjung cukup mendaftar di https://forms.gle/U2Er1k3fUGquazry8, kemudian memasukkan sampah ke dalam drop box, mengabadikan momen ini lalu memposting di feed akun Instagram, men-tag IG @Sharpindonesia dan menulis #Sharpdropbox pada keterangan foto feed.

“Ini adalah bentuk kontribusi kami terhadap lingkungan. Kegiatan ini sedikit banyak diharapkan dapat memberikan dampak postif bagi Surabaya,” ujar Henry Santoso, Kepala Cabang Sharp Indonesia Surabaya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER